Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi PT Suplai Pangan Indonesia

Studi Kasus Akun Instagram @warjali.id Sebagai Media Promosi PT Suplai Pangan Indonesia

  • Salsabila Noviani Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Maman Suherman
Keywords: Instagram, Media Promosi, PT Suplai Pangan Indonesia

Abstract

Abstract. Social media is used as a tool to provide information and along with the times, many Indonesians have used social media, one of which is the Instagram application. The Instagram application is currently much-loved and popular in all circles of society. PT Suplai Pangan Indonesia utilizes Instagram as media promotion on the Instagram account of @warjali.id. The purpose of this study was to find out activities, application of communication techiniques, use of Instagram features, and reasons for choosing Instagram as a promotional medium for PT Suplai Pangan Indonesia. In this study, researchers used new media theory and the PESO model. The researcher uses a qualitative methos with a case study approach, which is to dig up in-depth information, especially the use of Instagram as a promotional medium. Data collection techniques carried out in this study used interviews, observation, written sources and documentation. Key informants in testing the validity of the data here, researchers used source triangulation and method triangulation. The research subjects of key informants in this study were PT Suplai Pangan Indonesia internal team, namely marketing team and the content creator team, while the supporting informants were followers from Instagram of @warjali.id. The results of this study indicate that there are activities there is the role of Instagram, namely to make Instagram @warjali.id account namely to increase the brand awareness also binds consumers.

Abstrak. Media sosial digunakan sebagai salah satu alat untuk memberikan informasi dan seiring dengan perkembangan zaman, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial, salah satunya adalah aplikasi Instagram. Aplikasi Instagram saat ini sedang banyak digemari dan populer di semua kalangan masyarakat. PT Suplai Pangan Indonesia memanfaatkan Instagram sebagai media promosi di akun Instagram @warjali.id. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan, penerapan teknik komunikasi, penggunaan fitur Instagram, dan alasan memilih Instagram sebagai media promosi PT Suplai Pangan Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori media baru dan model PESO. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu menggali informasi secara mendalam khususnya penggunaan Instagram sebagai media promosi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, sumber tertulis dan dokumentasi. Informan kunci dalam menguji keabsahan data disini, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Subyek penelitian informan kunci dalam penelitian ini adalah tim internal PT Suplai Pangan Indonesia yaitu tim pemasaran dan tim pembuat konten, sedangkan informan pendukung adalah pengikut Instagram @warjali.id. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kegiatan yang berperan dari Instagram yaitu membuat akun Instagram @warjali.id yaitu untuk meningkatkan brand awareness juga mengikat konsumen.

References

Armayani, dkk. (2021). “Analisis Peran Media Social Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online” Dalam Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5, Nomor 3, Tahun 2021. (Hal. 8922-8923).

Astuti, Sri. 2015. “Analisis Bauran Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Di FKIP UHAMKA Jakarta.: Dalam Jurnal Utilitas. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2015 (hlm. 78-91).

Batubara, dkk. (2022). “Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Produk Herbalife Di So Happy Binjai” Dalam Jurnal Ilmiah Bidang Sosial Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan. Volume 1, Nomor 12, Tahun 2022. (Hal. 2804-2805)

Dasuki, I., & Wahid, U. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19. PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 47-54.

Fazadina, D., & Rachmawati, I. (2020). Strategi Kreator dalam Membuat Konten Instagram. Prosiding Manajemen Komunikasi, 6(2), 216-219.

Jaya, dkk. (2017). “Analisis Faktor Keberhasilan Start Up Digital Di Yogyakarta” Dalam Prosiding SNATIF. (Hal. 168).

Ramaputra, A. M., & Subhan, A. (2021). “Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies Melalui Media Sosial Instagram” Dalam Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi. Volume 5, Nomor 2, Tahun 2021. (Hal 17-21).

Putri, dkk. (2015). “Teknik-teknik Persuasif Dalam Media Sosial (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Mentor Parenting Ayah Edy di Youtube)” Dalam Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 4, Nomor 1, Tahun 2015.

Rachmansyah, M. R., Amalia, M., & Palapah, O. (2023). Promosi Concept Store melalui Media Sosial. 7–14.

Published
2023-08-27