Analisis Pemaknaan Penonton Youtube pada Konten Resesi 2023
Studi Khalayak Subscriber Channel YouTube Raymon Chin Pada Generasi Z
Abstract
Abstract. The threat of a global economic recession is taking the world by storm and has been predicted to occur in 2023. An economic recession is a condition that has a negative impact on society and the economy of a country. When an economic recession occurs, unemployment will increase because many companies lay off workers to reduce their operational costs. Through the issues that are currently happening among Generation Z, as well as the consumptive behavior that occurs, a recession is likely to have an impact on Generation Z. Excessive consumptive lifestyle behavior can have a significant negative impact, both individually and socially. In the midst of the issue of the 2023 recession that will occur and allow Indonesia to be affected, Raymon Chin uploads educational content on his YouTube channel about why recessions can occur to what preparations must be prepared to face the upcoming global economic crisis. The purpose of this research is to answer the formulation of the problem, namely to find out the characteristics, understanding and meaning of generation Z towards educational content impressions about the recession on Raymon Chin's YouTube channel. To answer the research objectives, researchers used a qualitative approach with a reception or meaning analysis study, and conducted in-depth interviews with informants who were then selected purposively. The results of audience interpretation in this study show that informants are in a hegemony position and an opposition position. This research also shows how audiences interpret the concept of video shows on the recession issue on Raymon Chin's YouTube channel. This study also found different characteristics of each audience, which were influenced by the background of the informants.
Abstrak. Ancaman resesi ekonomi global tengah menggemparkan dunia dan telah diprediksi akan terjadi pada tahun 2023. Resesi ekonomi merupakan kondisi yang berdampak negatif pada masyarakat dan perekonomian suatu negara. Ketika terjadi resesi ekonomi, pengangguran akan meningkat karena banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja untuk mengurangi biaya operasional mereka. Melalui isu yang tengah terjadi di kalangan generasi Z saat ini, serta perilaku konsumtif yang terjadi mengakibatkan resesi yang memungkinkan berdampak terhadap genrasi Z. Perilaku pola hidup konsumtif yang berlebihan dapat memberikan dampak negative yang signifikan, baik secara individu maupun secara sosial. Di tengah isu resesi 2023 yang akan terjadi dan memungkinkan negara Indonesia terkena dampaknya, Raymon Chin mengunggah konten edukasi di channel YouTube nya mengenai kenapa resesi dapat terjadi hingga persiapan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi krisis ekonomi global mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui karakteristik, pemahaman serta pemaknaan generasi Z terhadap tayangan konten edukasi mengenai resesi dalam channel YouTube milik Raymon Chin. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi analisis resepsi atau pemaknaan, dan melakukan wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap informan yang kemudian dipilih secara purposive. Hasil pemaknaan khalayak dalam penelitian ini menunjukkan informan berada pada posisi hegemoni dan posisi oposisi. Penelitian ini juga menunjukan bagaimana khalayak memaknai konsep dari tayangan video mengenai isu resesi di channel YouTube Raymon Chin. Dalam penelitian ini juga ditemukan karakteristik yang berbeda dari setiap khalayak, yang dipengaruhi oleh latar belakangi informan.
References
Ritonga, I. N., & Fuady, M. E. (2023). Strategi Pengelolaan Konten Morgy Coffee. 15–24.
Anisa, A. R., & Winduwati, S. (2021). Pemaknaan Body Positivity dalam Film Imperfect Pada Kalangan Remaja di Jakarta. Koneksi, 5(2), 427-433.
Apakah Gen Z Memahami Isu Resesi? Ini Hasil Surveinya (katadata.co.id)
Asir, M., Mulyono, S., Husna, A. I. N., Adhitama, S., Ariyanto, A., Hardiningrum, I. S. & Miati, I. (2022). Komunikasi Bisnis. Penerbit Widina.
Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar, (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2002),21.
Fadhiliana, F., & Suprabowo, I. (2020). Strategi Komunikasi Akun Youtube Vertizone TV dalam Meningkatkan Jumlah Subscriber. Prosiding UMY Grace, 1(2), 587-595.
Fajrussalam, H., Ihsanudin, Luthfi, T., Sallsabila, I., & Sari, R. P. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Paylater Dalam Online Shopping. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8886–8893.
Gaffari, M. Persepsi dan Pemaknaan Anak Muda terhadap Tayangan Konten Pemuda Tersesat di Channel YouTube Majelis Lucu Indonesia.
Luik, J. E. (2020). Media Baru: Sebuah Pengantar. Media Baru: Sebuah Pengantar.
Nurdin, A., Moefad, A. M., Zubaidi, A. N., & Harianto, R. (2013). Pengantar ilmu komunikasi.
Onong Uchjana Effendi, Dimensi-Dimensi Komunikasi, Cet. II, (Bandung: Alumni, 1986), 61
Pane, Marulina (2016). Etiket dan netiket: sopansantun dalam pergaulan dan pekerjaan. Kompas. Jakarta.
Zaenudin, Ahmad (2018). Mungkinkah Menghapus Jejak Digital.