Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Vespa Matic Secondhand
Abstract
Abstract. The use of social media Instagram is currently influencing several online marketers. @justforscoot is a user who uses social media Instagram to sell. When using Instagram, @justforscoot offers marketing communication that is different from other competitors, namely Buying back marketing communications using an Instagram account. Used Vespa Matic is currently in great demand because the price is cheaper than buying a new one. This study uses a qualitative research method with a case study approach on Instagram @justforscoot. Research conducted reveals that @justforscoot uses new media theory and the concept of repurchasing, namely Instagram as a high-quality commercial marketing tool and at a price comparable to the quality of the product being sold and Instagram as a marketing tool. @justforscoot offers special prices at certain times. @justforscoot engages the audience by displaying visuals that spoil the eyes of buyers to get a detailed picture of what Vespa Matic is marketing through video content. Educating the public about buyback through Instagram is a step Justforscoot takes in the marketing communications process. Vespa quality assurance, price research and publication as well as communication with consumers is how justforscoot stabilizes Vespa prices. Adaptation of information technology and superior use of media and functions.
Abstrak. Penggunaan media sosial Instagram saat ini mempengaruhi beberapa pemasar online. @justforscoot adalah salah satu pengguna yang menggunakan media sosial Instagram untuk berjualan. Saat menggunakan Instagram, @justforscoot menawarkan marketing communication yang berbeda dengan kompetitor lainnya, yaitu Membeli kembali komunikasi pemasaran menggunakan akun Instagram. Vespa Matic bekas saat ini banyak diminati karena harganya lebih murah dari harga beli baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Instagram @justforscoot. Penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa @justforscoot menggunakan teori media baru dan konsep pembelian kembali yaitu Instagram sebagai alat pemasaran komersial yang berkualitas tinggi dan dengan harga yang sebanding dengan kualitas produk yang dijual dan Instagram sebagai alat pemasaran. @justforscoot menawarkan harga khusus pada waktu-waktu tertentu. @justforscoot melibatkan audiens dengan menampilkan visual yang memanjakan mata pembeli untuk mendapatkan gambaran detail tentang apa yang dipasarkan Vespa Matic melalui konten video. Mendidik masyarakat tentang pembelian kembali melalui Instagram adalah langkah Justforscoot dalam proses komunikasi pemasaran. Jaminan kualitas Vespa, riset harga dan publikasi serta komunikasi dengan konsumen adalah bagaimana justforscoot menstabilkan harga Vespa. Adaptasi teknologi informasi dan penggunaan media serta fungsi yang unggul.
References
Kotler, P, & Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima Belas. Jakarta: Erlangga
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi. Revisi, P. 410).
Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Prisani Cendekia: Jakarta.
Ramadhan MA, Chatamallah M. Strategi Komunikasi Pemasaran X. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 5;19–22. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/641
Ramadhan BR, Gartanti WT. Strategi Komunikasi Pemasaran Bengkel Kulit Melalui Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 6;47–52. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/886
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung
Rachmansyah MR, Palapah MAO. Promosi Concept Store melalui Media Sosial. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 17;7–14. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1798
Yin, R. K. 2018. Case Study Research and Applications: Design and Methods 6th Edition. Singapore: SAGE Publications, Inc.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi keempat. Edisi Keempat. Yogyakarta:Andi Offset.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi. (GP Press Group).