Pengelolaan Media Sosial @prokombeltim dalam Membangun Citra Bupati Belitung Timur

  • Ataya Azka Salsabila Public Relation_Ilmu Komunikasi_Universitas Islam Bandung
  • Maya Amalia Oebman Palapah, S.Pd., M.Si.
Keywords: Media Sosial, Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Citra Positif, Peso Model

Abstract

Abstract. Social media, as a manifestation of the growing information and communication technology has becomen widely known and recognized by many people. The purposeful design of social media platforms aims not only to facilitate interactions but also to enable faster, accurate, cost-effective, efficient and effective exchange of information for its users. Effective management is required in utilizing social media to disseminate information. This research aims to investigate the social media management practices carried out by the Protocol and Leadership Communicatio Division using the Peso Model Theory. Data collection methods employed include interviews and observations, social media platforms such as facebook, instagram and tiktok are utillzed to xpand communication and information dissemination with the objective of building a positive image for the leader. The management process considers relevant and engaging content as well as the interactions generated by the content. The use of the Pesoo Model serves as an approach to this study. This research focuses on the importance of effective and practical social media management in building a positive image for the leader it also emphasizes the role of social media in facilitating rapid and accurate information sources as well as expanding information reach and enhancing interactions with the community through the use of instagram. The findings pf this study highlight the significant role of instagram as an information medium for the community of East Belitung. The research provides as deeper understanding of effective instagram social media management in the context of governance

Abstrak. Media sosial sebagai wujud semakin berkembanganya teknologi informasi dan komunikasi yang telah diketahui dan dikenal banyak orang. Pencipataan design yang sedemikian rupa ditujukan tidak hanya untuk semakin memudahkan interaksi, ditujukan juga agar pertukaran informasi bisa dilakukan semakin cepat, tepat, murah efesien dan efektif bagi para penggunanya. Dalam penggunaan media sosial dibutuhkan pengelolaan tersendiri dalam mengelola informasi yang akan disebarluaskan melalui media sosial tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media sosial yang dilakukan oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan menggunakan Teori Peso Model. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui wawnacara dan observasi. Pemanfaatan media sosial seperti Facebok, Instagram dan Tiktok untuk memperluas komunikasi informasi dalam membangun citra positif Bupati. pengelolaan dilakukan dengan memperhatikan isi informasi dan konten yang relevan dan menarik, serya interaksi yang muncul terkait konten yang ada. penggunaan Peso Model digunakan sebagai pendekatan. Penelitian ini berfokus pada pentingya pengelolaan media sosial yang efektif dan praktis dalam mebangun citra positif bagi Bupati. selain itu, juga berfokus pada pentingya peran media sosial dalam memfasilitasi sumber informasi yang cepat dan akurat. Serta memperluas jangkuan informasi dan meningkatkan interaksi dengan masyarakat melalui penggunaan media sosial instagram. Hasil penelitian ditemukan, pentingya peran media sosial intagram sebagai media informasi untuk masyarakat Belitung Timur. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengelolaan media sosial instagram yang efektif dalam pemerintahan.

References

Kriyanto R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media

Kriyantono, R. (2017). Teori-teori public relations perspektif barat & lokal: Aplikasi penelitian & praktik. Kencana.

Haifa Khoirunnisa Mutiara Ardia, Nova Yuliati. Pengelolaan Kesan Petugas Protokoler Berkarakter Islami. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 21;41–6. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1962

Qashmal, Z., & Ahmadi, D. (2015). Hubungan penggunaan media sosial Instagram terhadap pembentukan citra diri (Doctoral dissertation, Fakultas Komunikasi (UNISBA)).

Corrylia Almira Rahma Raissa, Ahmadi D. Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;59–66. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1087

Zuhri, M. A. M., & Christiani, L. (2019). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi library based community (studi kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo@ Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 21-30.

Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram@ greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Jurnal Riset Public Relations, 120-129.

Published
2023-09-04