Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Bandung dalam Sosialisasi Protokol 5M sebagai Bentuk Pencegahan Covid-19

  • Galuh Galuh Anggarani Unisba
  • Moh Subur Drajat, Drs., M.SI Public Relations
Keywords: strategi komunikasi, sosialisasi 5M, Covid-19

Abstract

Abstract. The city government Bandung in this has created strategy as a form of efforts to socialize protocol health in a manner 5M the purpose of the creation of strategy so as to be easily in understand and in obey by city people bandung. The strategy created the government of the city of Bandung in such a pandemic could minimize the spread of covid-19. The reason the government city of Bandung created a strategy on health socialization protocol with the concept of 5M, so that socialization of. applied right on targetBasically with strategy in operating budget will be more aware of the approach of emotional on the community as a target of socialization was. Research objectives to know emotional approach on strategic communication bandung in city government socialize protocol 5M as efforts to prevent covid-19, know strategy build good relations with the community in socialize protocol 5M as efforts to prevent covid-19, reason Bandung city government make the communications strategy in socialize protocol 5M as efforts to prevent covid-19. The research uses a qualitative methodology approach case study Robert K.Yin type 1 single cases analysis. Study could apply Data mining techniques such as using interviews, observation documentation, and the study literature available. This research has the main subject three speakers from the local administration Bandung on duty and responsibility to create a communications strategy in socialize protocol 5M as efforts to prevent covid-19. The theory used two way asymmetric.The research results: communications strategy the government of Bandung in socialize protocol 5M in efforts to prevent covid-19 in city of Bandung by creating, form of communication and aiming to resuscitate, means of communication the community to the dangers covid-19.

Abstrak. Pemerintah Kota Bandung dalam hal ini telah menciptakan strategi sebagai bentuk upaya mensosialisasikan protokol kesehatan melalui cara 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) tujuan penciptaan strategi agar mudah di mengerti dan di taati oleh masyarakat Kota Bandung. Adanya strategi yang di ciptakan Pemkot Bandung dalam situasi pandemi dapat meminimalisir penyebaran covid-19. Alasan Pemerintah kota Bandung menciptakan strategi pada sosialisasi protokol kesehatan dengan konsep 5M, agar sosialiasi yang diterapkan tepat sasaran. Pada dasarnya dengan strategi secara operasionalnya akan lebih mengetahui pendekatan emosional pada masyarakat sebagai target sosialisasinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pendekatan emosional pada strategi komunikasi pemerintah Kota Bandung dalam mensosialisasikan protokol 5M sebagai upaya pencegahan covid-19, mengetahui strategi membangun hubungan baik dengan masyarakat dalam mensosialisasikan protokol 5M sebagai upaya pencegahan covid-19, mengetahui alasan pemerintah Kota Bandung membuat strategi komunikasi dalam mensosialisasikan protokol 5M sebagai upaya pencegahan covid-19.  Penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus Robert K. Yin tipe 1 satu kasus satu analisis. Teknik pengambilan data berupa menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini memiliki subjek utama tiga narasumber dari Pemkot Bandung yang bertugas dan bertanggungjawab dalam menciptakan strategi komunikasi dalam mensosialisasikan protokol 5M sebagai upaya pencegahan covid-19. Teori yang digunakan two way asymmetric (asimetris dua arah). Hasil penelitian : Strategi komunikasi Pemkot Bandung dalam mensosialisasikan protokol 5 M dalam upaya pencegahan covid-19 menyebarluas di Kota bandung dengan menciptakan bentuk komunikasi, dan cara komunikasi bertujuan untuk menyadarkan, masyarakat akan bahaya covid-19.

References

Asmajasari, Magdalena. 2017. Study Periklanan Dalam Perspektif. Komunikasi Pemasaran, Malang : UMM Press.

Atkin, Douglas. 2014. Praktek Digital Public Relations. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Creswell, John W. 2011. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kulvisaechana, Somboon. 201). The Role of Communication Strategies in Change Management Process: A Case Study of Consignia Brand and Business Status Introduction : Cambridge diambil dari Journal Communication Spectrum, Vol. 3 No. 1 Februari Juli 2013 diakses pada 10 Januari 2019.

Nasution MAR, Hendrasmo. Identifikasi Permasalahan Komunikasi Publik Masyarakat Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;85–92. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1353

Rofiqoh SNI, Sukmana R, Ratnasari RT, Muhammad Nafik HR, Mufidah Z, Rufaidah A, et al. Sistematik Literatur Review: Persepsi Mahasiswa Indonesia pada Pembelajaran Elektronik Era Pandemi Covid-19. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 21;117–22. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1358

Widiantara IKA. Ekspresi Warganet Merespon PPKM Darurat: Studi Kritis terhadap Komunikasi Publik Gubernur Bali. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;93–104. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1354

Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desain dan Matode. Jakarta PT Raja Grafindo Persada

alize Health

Published
2023-09-04