Pola Komunikasi Manajemen Konflik di House of We Kala
Studi Kasus pada Owner Muda di House of We Kala
Abstract
Abstract. This research is motivated by the phenomenon of conflict that occurs in a company due to differences in backgrounds owned by each individual who is in a company, both cultural differences, religion, and even age differences. Therefore, the pattern of communication carried out by young owners in managing conflicts that occur in the company is the main focus of this research in an effort to deal with conflicts that occur. This study aims to describe the communication patterns carried out by young owners in managing conflicts that occur in the company. In this study, researchers used a qualitative research method with a case study approach. This study uses data collection techniques through interviews, observation, documentation, and literature review. In this study it was found that the star communication pattern is a communication pattern applied by the owner of the House of We Kala in managing work groups of older employees and in dealing with conflicts that occur in the company. In addition, cultural factors, age differences, language limitations, and lack of information become obstacles in dealing with a conflict that occurs.
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi pada fenomena konflik yang terjadi pada sebuah perusahaan karena perbedaan latar belakang yang dimiliki oleh pada setiap individu yang berada di sebuah perusahaan, baik perbedaan budaya, agama, bahkan perbedaan usia. Oleh karena itu, pola komunikasi yang dilakukan oleh owner berusia muda dalam melakukan manajemen konflik yang terjadi di perusahaan menjadi fokus utama penelitian ini dalam upaya menangani konflik yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi yang dilakukan oleh owner berusia muda dalam melakukan manajemen konflik terhadap konflik yang terjadi di perusahaan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kajian pustaka. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pola komunikasi bintang merupakan pola komunikasi yang diterapkan oleh owner House of We Kala dalam mengatur kelompok kerja karyawan yang usianya lebih tua serta dalam menangani konflik yang terjadi di perusahaan. Selain itu, faktor budaya, perbedaan usia, keterbatasan bahasa, dan kurangnya informasi menjadi penghambat dalam menangani sebuah konflik yang terjadi.
References
Ananda, Imam Wahyu. Pola Komunikasi Organisasi Himpunan Mahasiswa Bener Meriah (HIMABEM) di Kota Medan dalam Meningkatkan Solidaritas Keanggotaan. Diss. 2021.
Anwar, Choerul. "Manajemen konflik untuk menciptakan komunikasi yang efektif (Studi kasus di Departemen Purchasing Pt. Sumi Rubber Indonesia)." Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4.2 (2015): 148-157.
Elchrysti, Natasha. Strategi Komunikasi Guru Di Slb D Ypac Bandung Dalam Memberikan Motivasi Belajar Kepada Siswa Autis (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Guru Di SLB D YPAC Bandung Dalam Memberikan Motivasi Belajar Kepada Siswa Autis). Diss. Universitas Komputer Indonesia, 2018.
Fatimah, S. (2018). Pola Komunikasi dan Manajemen Konflik Kepala Madrasah Pada Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru Kalimantan Selatan (Doctoral dissertation, pascasarjana UIN Antasari).
Fuad, Anisul. "Peran komunikasi interpersonal dalam menghadapi konflik organisasi." ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 6.1 (2017).
Furqon, Chairul. "Hakikat komunikasi organisasi." Hakikat Komunikasi Organisasi 2.15 (2003): 1-9.
Gunawan, Imam. 2013. “Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik.” Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayati, Lina Nur. "Komunikasi Organisasi dan Manajemen Konflik." Jurnal Ilmu Komunikasi (2010): 1-17.
Inah, Ety Nur. "Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Tsanawiyah Tridana Mulya Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatan." Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 9.2 (2016): 156-179.
Indah, Dwi Retno Astuti. Pola Komunikasi Dan Manajemen Konflik Pada Pasangan Sama-Sama Bekerja (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi dan Manajemen Konflik Keuangan). Diss. UPN" veteran" Jawa Timur, 2012.
Ismail RE, Wiwitan T. Strategi Komunikasi Konsep “Bayar Seikhlasnya” di Kafe X. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 5;31–4. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/879
Laurence, L. (2015). Manajemen Konflik dalam Perencanaan Suksesi Perusahaan Keluarga di Bidang Ekspedisi di Surabaya. Agora, 3(1), 725-735.
Mayasa I, Setiawan E. Efektivitas Komunikasi Tim Ranger dalam Sosialisasi Core Values Akhlak kepada Karyawan. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 4;14–8. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/640
Mukarom, Zaenal. 2020. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Pohan, Desi Damayani, and Ulfi Sayyidatul Fitria. "Jenis Jenis Komunikasi." Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies (2021): 29-37.
Prasetya, A. D. (2016). Pola Komunikasi Organisasi dalam Mengelola Konflik: Studi Kasus Konflik di Organisasi Paguyuban Vespa Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW).
Prasetyo, Dimas, Budi Santoso, and S. Sos. Peran Komunikasi Organisasi dalam Hubungan Internal Perusahaan Fif Spektra (Studi Deskriptif Kualitatif Hubungan Internal Perusahaan Federal Internasional Finance (FIF) Spektra Cabang Solo Periode 2013/2014). Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Prastowo, Andi.2016. “Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian” Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Romdon, Rifqy Maulana. "Analisis Konflik Antar Individu Di Perusahaan H&M." Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi) 2 (2019): 1168-1177.
Situmeang, Ilona V. Oisina. 2016. “Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Objektif dan Perspektif Subjektif”. Yogyakarta: Ekuilibria. Halaman 1-9.
Sumarsih, M. Pd. "PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI." Asas-Asas Manajemen (Konsep dan Teori) (2022): 241.
Satlita, Lena. 2022. “Reposisi Peran dan Fungsi Strategis Public Relations dalam Organisasi”, Yogyakarta, Indonesia.
Situmeang, Ilona V. Oisina. 2016. “Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Objektif dan Perspektif Subjektif”. Yogyakarta: Ekuilibria. Halaman 1-9.
Sumarsih, M. Pd. "PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI." Asas-Asas Manajemen (Konsep dan Teori) (2022): 241.
https://www.who.int/southeastasia/health-topics/adolescent-health, diakses pada tanggal 7 April 2023.