Pola Komunikasi dalam Pelayanan Publik di Kota Bandung

  • Rifqi Rossy Pratama prodi ilmu komunikasi fakultas ilmu komunikasi universitas islam bandung
  • Tresna Wiwitan
Keywords: pola komunikasi, komunikasi pelayanan, media baru

Abstract

Abstract. Rapid infrastructure development in the city of Bandung also has an impact on increasing the community's need for quality public services. This public service does not only include one. Public services must develop over time, therefore public services require a new innovation. This involves adopting digital technologies and redesigning business processes, products and services to make more effective use of these technologies. Patterns of effective and transparent communication between the government and the community can increase community participation in the development process and accelerate the resolution of related problems. The purpose of this study is to find out the communication patterns carried out by the Cipta Karya, Construction Development and Spatial Planning Offices in public services in the city of Bandung through the Si Petruk application. The theory used in this research is the new media theory. This study used a quantitative method, a descriptive analysis study with data collection techniques through the interview method. The subjects in this study were Cipta Karya, Construction Development and Spatial Planning Offices in public service in the city of Bandung. The results of this study indicate that in Si Petruk's application, several types of communication patterns are used, namely primary communication patterns, secondary communication patterns and circular communication patterns. Where in every communication pattern it is adjusted and maximized in the application so that people don't feel difficult when using it and feel helped

Abstrak. Pembangunan infrastruktur yang pesat di Kota Bandung juga berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik yang berkualitas. Pelayanan publik ini tidak hanya mencakup satu. Pelayanan publik harus berkembang seiring berjalannya waktu, maka dari itu pelayanan publik membutuhkan suatu inovasi yang baru. Ini melibatkan mengadopsi teknologi digital dan merancang kembali proses bisnis, produk, dan layanan untuk memanfaatkan teknologi ini secara lebih efektif. Pola komunikasi yang efektif dan transparan antara pemerintah dan masyarakat dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan serta mempercepat penyelesaian permasalahan yang terkait. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang dalam pelayanan publik di kota Bandung melalui aplikasi Si Petruk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori media baru. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, studi deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu IT Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang dalam pelayanan publik di kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam apliasi Si Petruk menggunakan bebrapa jenis pola komunikasi, yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder dan pola komunikasi sirkuler. Dimana didalam setiap pola komunikasi disesuaikan dan dimaksimalkan dalam aplikasi tersebut agar masyarakat dalam menggunakannnya tidak merasakan kesulitan dan mersa terbantu.

References

Sinambela, L. P. (2008). Reformasi pelayanan publik.

Darmawan, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif.pp

Maulana IA, Nurrahmawati. Grooming Front Officer dan Kepuasan Konsumen. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 7;53–8. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/887

Muhammad Akbar Wiradhika Utama, Sophia Novita. Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 16;55–60. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1996

Muharam, R. S. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Bandung. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(01), 39-47.

Nasution MAR, Hendrasmo. Identifikasi Permasalahan Komunikasi Publik Masyarakat Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;85–92. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1353

Hardiyansyah, H. (2015). Komunikasi Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi.

Published
2023-08-03