Peran PR PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung dalam Program Corporate Social Responsibility
Abstract
Abstract. PT. Pegadaian (Persero) is a state-owned company engaged in the pawn business. In carrying out its corporate social responsibility, PT. Pegadaian (Persero) launched The Gade Clean and Gold program "Segregating Waste Saving Gold". Lack of public awareness of the environment, especially in waste management, is one of the factors causing the increasing amount of waste. With this program, PT. Pegadaian (Persero) seeks to improve environmental conditions and assist the government in managing waste, especially in the city of Bandung. This study uses a qualitative method with a case study approach. The purpose of this study is to determine the PR process in the CSR program The Gade Clean and Gold, the supporting and inhibiting factors of the CSR program The Gade Clean and Gold, and the reasons for PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung chose The Gade Clean and Gold as a CSR program. The results of the research show that PR PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung carries out a very important process in The Gade Clean and Gold program as a form of corporate concern and responsibility for the cleanliness of the surrounding environment by motivating and educating the public to sort and manage waste properly and correctly. The controlling factor is the amount of support from the community to the President of the Republic of Indonesia, while the inhibiting factor is that there are still some people who still lack concern for waste sorting. The reason for selecting the program is the mandatory program from the central Pawnshop and efforts to encourage change by helping the community and the Bandung City Government in overcoming waste problems.
Abstrak. PT. Pegadaian (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang usaha gadai. Dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaannya, PT. Pegadaian (Persero) meluncurkan program The Gade Clean and Gold “Memilah Sampah Menabung Emas”. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan terutama dalam pengelola sampah menjadi salah satu faktor penyebab jumlah sampah yang terus meningkat. Adanya program tersebut, PT. Pegadaian (Persero) berupaya untuk memperbaiki keadaan lingkungan hidup serta membantu pemerintah dalam mengelola sampah khususnya di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses PR dalam program CSR The Gade Clean and Gold, faktor pendukung dan penghambat dari program CSR The Gade Clean and Gold, serta alasan PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung memilih The Gade Clean and Gold sebagai program CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PR PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung melakukan proses yang sangat penting dalam program The Gade Clean and Gold sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap kebersihan lingkungan sekitar dengan memotivasi dan mengedukasi masyarakat untuk memilah dan mengelola sampah dengan dan benar. Faktor pendungnya yaitu banyaknya dukungan dari masyarakat hingga Presiden RI, sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih terdapat beberapa masyarakat yang masih minim kepedulian terhadap pemilahan sampah. Alasan pemilihan program yaitu program wajib dari Pegadaian pusat serta upaya mendorong perubahan dengan membantu masyarakat dan Pemerintah Kota Bandung dalam mengatasi permasalahan sampah
References
Sari, A. A. (2017). Dasar-dasar public relations teori dan praktik. Deepublish
Nurhayati, & Novita, S. (2022). Manajemen Krisis Objek Wisata Sari Ater dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3452
Lestari ID, Hernawati R. Kegiatan CSR dalam Meningkatkan Corporate Image. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 4;1–5. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/626
Rahmadani, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Fungsi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Share: Social Work Journal, 8(2), 203. https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20081Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.
Yulianita, N. (2008). “Corporate Social Responsibility” (CSR) sebagai Aktivitas “Social MarketingPublic Relations.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 123–134. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1145/708
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 Ayat (1). Diakses pada 7/3/2023, dari: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5260/pp-no-47-tahun-2012
Penjelasan Tentang Pegadaian, Usaha Gadai Dan Pergadaian. Diakses pada 7/3/2023, dari: https://www.pegadaian.co.id/berita/detail/236/penjelasan-tentang-pegadaian-usaha-gadai-dan-pergadaian
Pegadaian Clean and Gold, Menukar Sampah menjadi Tabungan Emas. Diakses pada 8/3/2023, dari: https://www.pegadaian.co.id/berita/detail/25/pegadaian-clean-and-gold-menukar-sampah-menjadi-tabungan-emas
Yunus, Muh. R., & Riatno, E. B. (2019). Peran Public Relation dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility Pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Frans Kaisiepo Biak. Jurnal Komunikasi, Politik & Sosiologi, 1(1), 1–24. https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/copisusu/article/view/163/128
Agung Setiawan, Maman Suherman. Implementasi CSR PT X dalam Membangun Ketahanan Pakan Ternak. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 21;33–40. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1955
Rifkaviani, J., & Fuady, M. E. (2023). Strategi PR dalam Mengedukasi Klien Mengenai Sistem Big Data. In Bandung Conference Series: Public Relations.
Putri, S. E. (2020). Peran Public Relations PT Gudang Garam Tbk Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).