Manajemen Isu pada Pemerintahan Daerah dalam Menanggapi Berita Negatif

Studi Kasus pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung dalam Menanggapi Berita Negatif di Media Online Periode Bulan Januari-Februari 2023

  • Gustiani Felia Putri Dandy Ilmu Komunikasi
  • Firmansyah Firmansyah Ilmu Komunikasi - Public Relations
Keywords: Manajemen Isu, Diskominfo Kota Bandung, Media Online

Abstract

Abstract. Issue can easily spread with online media. The Bandung City of Communication and Information Office (Diskominfo) conducts issue management related to negative news about the city of Bandung. The method used in this research is a qualitative research method with a case study approach using the issue management process theory. The purposes of this study is to find out how the process of managing negative news carried out by Diskominfo’s Bandung City, how the management of issue carried out by Diskominfo’s Bandung City, and the reasons why Diskominfo’s Bandung City carries out the issue management. The results of this study shows 1) Diskominfo conducts media monitoring activities and then a letter of recommendation is made to the related OPD, then a release is made, where the release will also be distributed by the Pewarta Balaikota Bandung (PBB) reporter. 2) Diskominfo carried out five steps in the theory of the issue management process, namely the process of identifying issue, evaluating and analyzing issue, program planning, program implementation, and evaluation. 3) The reasons Diskominfo conducts issue management is to create a good image for the Bandung’s City, maintain the trust of the people of the City of Bandung, and carry out tasks that have become their authority.

Abstrak. Isu dapat mudah menyebar dengan adanya media online. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung melakukan manajemen isu terkait pemberitaan negatif seputar Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan teori proses manajemen isu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan pemberitaan negatif yang dilakukan Diskominfo Kota Bandung, bagaimana manajemen isu yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Bandung, serta alasan mengapa Diskominfo Kota Bandung melakukan manajemen isu. Hasil dari penelitian ini menunjukan 1) Diskominfo melakukan kegiatan media monitoring kemudian dibuat surat rekomendasi kepada OPD terkait, lalu dibuatkan release, dimana release tersebut juga akan disebarkan oleh Pewarta Balaikota Bandung (PBB). 2) Diskominfo Kota Bandung melakukan lima langkah dalam teori proses manajemen isu yang yakni proses identifikasi isu, evaluasi dan analisis isu, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. 3) Alasan Diskominfo melakukan manajemen isu adalah untuk menciptakan citra baik Kota Bandung, menjaga kepercayaan masyarakat Kota Bandung, serta melaksanakan tugas yang sudah menjadi kewenangannya.

References

Setiawan, J. H. Caroline, Cintia. Akbar, J. A. I. (2020). Komparasi Berita Negatif dam Positif Mengenai Covid-19 Pada Situs Detik dan Kompas. EXPOSE Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2). 146-167

Jannah, Roudlotul & Andre Noevi Rahmanto. (2021). Manajemen Isu Pt Hutama Karya (Persero) Dalam Menangani Pemberitaan Negatif Mengenai Keselamatan Berkendara Di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Jurnal Komunikasi Massa. Volume 1, Tahun 2021.

Kriyantono, R. (2018). Public Relations, Issue & Crisis Management. Jakarta: Prenada Media Group.

Ahmadi, Mubarok. (2020). “Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat”. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Volume 4 Nomor 1 Hal 26-37.

Romli, Asep Syamsul M. (2014). Jurnalistik Online. Bandung : Nuansa Cendikia.

Nasution MAR, Hendrasmo. Identifikasi Permasalahan Komunikasi Publik Masyarakat Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;85–92. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1353

Firmansyah, Firmansyah, Sophia Novita, Dian Widya Putri, Atie Rachmiatie, Septiawan Santana Kurnia, Alex Sobur. (2022). “Preference Survey of Newspaper Readers in the Digital Era: Quantitative Descriptive Study of Public Preferences Pikiran Rakyat Daily Newspaper”. dalam Atlantis Press. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 658.

Corrylia Almira Rahma Raissa, Ahmadi D. Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;59–66. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1087

Yusnita, Monica. (2020). “Perilaku Dan Preferensi Membaca Di Kalangan Mahasiswa Universitas Indonesia.” BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. Volume 4, Nomor 2, Tahun 2020. Hal. 187-198.

Dewi, Meliana Sandra dan Itca Istia Wahyuni. (2022). “Strategi Media Monitoring Pada Pemberitaan Covid-19 Di Media Daring (Langkah Preventif Biro Humas Pemprov Jabar Dalam Mendeteksi Berita Hoax Mengenai Covid-19).” MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume V, No. I, Hal 35-43.

Yulianita, Neni. (2012). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: P2U-LPPM Unisba.

Published
2023-08-02