Pengaruh Selebgram Diniyah sebagai Endorsment terhadap Proses Keputusan Membeli Produk pada Konsumen Wardah di Kota Bandung
Abstract
Abstract. Social media is becoming an indispensable part of promotional needs for many companies and one of the best ways to reach a wide range of customers. Instagram is one of the most popular social media platforms and is currently popular with the public.This study aims to find out whether Diniyah as an endorsement is able to influence the decision to purchase Wardah products, where Visibility (X1), credibility (X2), attraction (X3) and power (X4) are used by researchers to measure endorsement variables. The researcher chose this type of survey research with a causal associative explanatory level or is asking for the relationship between two or more variables and the approach used is quantitative descriptive and verificative. The population in this study is Generation Z who are followers of the Diniyah program who use Wardah products in the city of Bandung. The sampling technique used in this study is non-probability sampling with a total sample of 200 respondents according to the problem-solving research approach. While the analytical method used in this study is multiple linear regression analysis and the coefficient of determination at a significant level of 5%. The program used in analyzing the data uses the Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 24.00.The results of the study show that all variables that make up endorsment, namely visibility (X1), credibility (X2), attraction (X3) and power (X4) partially and simultaneously (together) influence the purchasing decision process. Visibility (X1), credibility (X2), attraction (X3) and power (X4) affect the dependent variable, namely the purchase decision process by 79.5% while the remaining 20.5% is explained by other factors outside the model studied.
Abstrak. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan untuk kebutuhan promosi bagi banyak perusahaan dan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan secara luas. Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang paling populer dan sedang digemari masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Diniyah sebagai endorsment mampu mempengaruhi keputusan pembelian produk Wardah, dimana Visibility (X1), credibility (X2), attraction (X3) dan power (X4) dipakai peneliti untuk mengukur variabel endorsment. Peneliti memilih jenis penelitian survey dengan tingkat eksplanasi asosiatif kausal atau bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih dan dengan pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif secara deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z yang merupakan followers selebgram Diniyah yang menggunakan produk Wardah di Kota Bandung. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden sesuai pendekatan problem – solving research. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi pada taraf siginifikan 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 24.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh variabel yang membentuk endorsment yaitu Visibility (X1), credibility (X2), attraction (X3) dan power (X4) secara parsial dan simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian. Visibility (X1), credibility (X2), attraction (X3) dan power (X4) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu proses keputusan pembelian sebesar 79,5% sedangkan sisanya sebesar 20,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model yang diteliti.
References
Adinda Sabilla, Mohamad Subur Drajat. Hubungan Celebrity Endorser dengan Keputusan Pembelian Halosnap.Id di Media Sosial Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 17;61–8. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2024
Agung Widhi Kurniawan, Z. P. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku. Authors, F. 2015. Article information 1993-2006. Ship Technology.
Alma, Buchari. 2020. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ali Sadikin & Afreni Hamidah, 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah. Covid-19.
Amadea IP, Hernawati R. Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 18;69–76. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2049
Arifin, 2020. Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Purchase Decision pada Emina Indonesia
Audia et al., 2018. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Pembelian Produk
Burns, A. C., Veeck, A., & Bush, R. F. (2017). Marketing Research (Eight Edit). Harlow: Pearson Education Limited.
Creswell, J. W. 2007. Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches. 2nd edn. California: Sage.
Czinkota, 2020. Marketing Management: Past, Present and Future
Dewa, 2018. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Yogyakarta Pada Produk Oleholeh Jogja Scrummy
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.
Gora, Radita. 2019. Riset Kualitatif Public Relations. Surabaya: Jakad Publishing.
Halim, Fitria. et. al. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis
Hargiyanto, 2017. Pengaruh Visibility, Credibility, Attractiveness dan Power Celebrity Endorser terhadap Keputusan PembelianiBiG Academy, 2019
Ilham Akbar Zam Zamy, Dadi Ahmadi. Strategi Creative Branding Hijack Sandals untuk Meningkatkan Brand Image. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 21;47–54. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1995
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press.
Jasri, 2022. Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke. 9. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit. Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kresnardi, 2017. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Buying Intention Melalui Self - Brand Connection Pada Dum Dum Thai Drinks Surabaya
Kumar Lk, 2019. The Influence Of Celebrity Endorser, Product Quality And Price On Purchase Decisions And Customer Satisfaction On Vivo Brand Smartphones In Surabaya.
Nilammadi, 2021. Hubungan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Dan Tokopedia
Maghfiroh, 2016. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo)
Mubarok, 2016. Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung)
Schiffman, L. G. & Wisenblit, J.. 2019. Consumer Behavior, 20th Edition, Global. Edition. United Kingdom : Pearson.
Setiawan, 2018. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Green Tea Esprecielo Allure
Setyaningsih, Eni dan Sugiyanto. 2021. Pengaruh Celebrity endorsement Terhadap Minat Beli Produk Deavhijab Fashion.
Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Penerbit Kencana: Jakarta.
Siyoto,. Sandu dan. Ali. Sodik.2015.Dasar. Metodologi. Penelitian.Yogyakarta:Literasi Media Publishing.
Slamet, Riyanto, and Hatmawan Aglis Andhita. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Susetiyono, 2020. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi
Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Superwiratni, 2018. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Menginap Di Cottage Daarul Jannah
Susanti, 2020. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah
Syalsabila, 2023. The Interrelations Of Celebrity Endorsement, Social Media Use, And Customer Engagement In Achieving Customer Purchase Decision
Putri & Patria, 2018. Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri
Prasojo, 2019. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Melalui Brand Image (Studi Pada Mahasiswa Kota Tegal)
Vidyanata, 2019. Peran Brand Credibility Sebagai Mediasi Pengaruh Strategi Celebrity Endorsement Terhadap Brand Equity
Wibowo, M., Wahab, Z., & Nailis, W. 2019. Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Brand Awareness Produk Erigo (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Sriwijaya Kampus Palembang). Sriwijaya University.
Wibowo dan Priansa. 2017. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Cetakan ke- 1. Bandung: Alfabeta
Wulandari, 2019. Advertisement Effectivity: Visibility, Credibility, Attraction And Power on Purchasing Decision and Its Impact On Customer Satisfaction”
Zulganef. 2018. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu..