Strategi Humas LLDIKTI Wilayah IV dalam Mengelola Konten Media Sosial Instagram

  • Puja Kharisma Nurfauziah Puja Hubungan Masyarakat
  • Shopia Novita
Keywords: MSIB, Kampus Merdeka, Penyebarluasan Informasi

Abstract

Abstract. The Certified Internship Program is one of the Independent Campus programs carried out by the Ministry of Education and Culture with the aim of providing opportunities for all students to develop their potential through activities outside the classroom. Through this program, Region IV Higher Education Service Institutions provide internship opportunities through several departments, one of which is Public Relations. In this case, the author as an intern occupies the position of Public Relations. Public relations utilizes information media as an intermediary for disseminating information within the scope of educational institutions. The purpose of this report is to find out how to plan to manage Instagram social media content carried out by Public Relations. In addition, it is also to find out the utilization of LLDIKTI Region IV information media in terms of messages and usability. The results of the final report of the Certified Internship program include that the Public Relations Strategy in managing Instagram social media is quite effective. The strategies undertaken include strategies from planning to management stages, monitoring social media strategies and strategies for utilizing Instagram social media content in terms of messages and usability.

Abstrak. Program Magang Studi Independen Bersertifikat merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang diusung oleh Kemendikbudristek dengan tujuan memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri melalui aktivitas di luar kelas pembelajaran. Melalui program tersebut, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV memberikan kesempatan magang melalui beberapa department yang ditawarkan, salah satunya yaitu Hubungan Masyarakat. Metode Penelitian ini menggunakan gjenis penelitian kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana perencanaan hingga pengelolaan konten media sosial instagram yang dilakukan oleh Hubungan Masyarakat. Selain itu juga untuk mengetahui pemanfaatan media informasi LLDIKTI Wilayah IV dari segi pesan dan kegunaan. Untuk hasil penelitiannya ini meliputi bahwa strategi hubungam masyarakat dalam mengelola media sosial instagram sudah terbilang cukup efektif. Strategi yang dilakukan diantaranya terdiri dari strategi tahapan perencanaan hingga pengelolaan, strategi media sosial monitoring dan strategi dari pemanfaatan konten media sosial instagram dari segi pesan dan kegunaan.

References

Amir Hamzah, Metode Penelitian Kualitatif, (Malang: Literasi Nusantara, 2019). Tanggal akses 1 Februari 2023.

Corrylia Almira Rahma Raissa, Ahmadi D. Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;59–66. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1087

Dr. Eko Murdiyanto Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal) -Edisi I – 2020. Tanggal akses 2 Februari 2023, pukul 20.21WIB

Fayiz, Zhafran. (2022). “Strategi Humas Pemerintah Kota Parepare Dalam Mengelola Media Sosial Sebagai Media Informasi Covid-19”. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Hensyah, Nogie Praba. (2021). “Strategi Humas Dalam Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Publikasi”. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

“Humas Indonesia” https://humasindonesia.id/berita/manajemen-isu-penting-untuk-pencegahan-krisis-391. Tanggal akses 1 Februari 2023, pukul 15.45 WIB.

“Kampus Merdeka”. Home | Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (kemdikbud.go.id). Tanggal akses 29 Januari 2023, pukul 13.51 WIB.

“Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV” https://lldikti4.kemdikbud.go.id/ . Tanggal akses 30 Januari 2022, pukul 09.00 WIB

Luttrell, Regina. (2018) . Sosial Media: How to engage, share and connect. London: Rowman & Littlefield.

Permasih, Imas. (2018). “Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat” dalam Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, Vol.3 No.1, tersedia di https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/download/584/98

Putri NR, Drajat MS. Kegiatan Marketing Public Relations PT. X Bandung pada Program “Komunitas Siap Gerak.” J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 5;23–30. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/753

Qorib F, Utami Rezkiawaty Kamil S, Jumrana, La Tarifu. Reshaping Today’s Education with Social Media. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 21;105–10. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1355

Published
2023-08-02