Implementasi Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Online Engangement Instagram @Temanbakat

  • Edo Ilham Gumelar Prodi Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Dr. Dedeh Fardiah, Dra., M.Si
Keywords: Online Engagement, Media Komunikasi, Implementasi Komunikasi Digital

Abstract

Abstract. PT.Care Indonesia Solusi, known as Friends of Talent, is a company that is focused and engaged in services and business. Friends of Talent has an Instagram account to advertise their services. The activities carried out on Instagram are interacting with Friends of Talent followers in a relaxed and relaxed. The Instagram account @temanbakat implements digital communication, one of which is regarding contains information and educational content with a role that is responsible for managing the account, namely the Social Media Specialist. The MBKM social media specialist program is carried out in several stages, namely discussing and mentoring with mentors regarding content ideas for publication, creating time table content, producing feed and story content on Instagram accounts, communicating with Instagram followers in the comments column to messages, analyzing media content. on Instagram's online engagement. The results of this study show that Instagram is a communication channel for the Friends of Talent Instagram account and its followers to build social relations and advertise the services of Friends of Talent at the national company level. Supported by social media specialists considering the importance of turning on company communication with followers through social media, namely Instagram.

Abstrak. PT.Care Indonesia Solusi yang dikenal dengan nama Teman Bakat, merupakan sebuah perusahaan yang fokus dan bergerak dibidang jasa dan bisnis. Teman Bakat memiliki akun Instagram untuk mengiklankan jasanya tersebut. Kegiatan yang dilakukan di Instagram itu yaitu melakukan interaksi dengan followers Teman Bakat dengan rileks, dan santai. Akun Instagram @temanbakat mengimplementasikan komunikasi digital salah satunya mengenai informasi dan konten-konten yang mengedukasi dengan adanya peran yang bertanggung jawab dalam mengelola akun tersebut yaitu Social Media Specialist. Pelaksanaan program MBKM social media specialist Teman Bakat dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu berdiskusi serta mentoring dengan mentor mengenai ide konten untuk publikasi, membuat time table content, memproduksi konten feed maupun story di akun Instagram, komunikasi dengan followers Instagram dikolom komentar hingga pesan, menganalisis konten media terhadap online engagement Instagram. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Instagram sebagai media penyalur komunikasi terhadap akun Instagram Teman Bakat dan followersnya untuk membangun hubungan sosial dan mengiklankan jasa Teman Bakat di tingkat perusahaan nasional. Didukung adanya social media specialist mengingat pentingnya menghidupkan komunikasi perusahaan dengan followers melalui media sosial yaitu Instagram.

References

Adinda Sabilla, Mohamad Subur Drajat. Hubungan Celebrity Endorser dengan Keputusan Pembelian Halosnap.Id di Media Sosial Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 17;61–8. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2024

Agya, A. (2022). Implementasi Komunikasi Perusahaan di Era Digital: Studi Analisis Pada Portal Website Amartha.com. Jurnal IAIN Langsa .

Brealy, Myers, & Marcus. (2006). Ilmu Komunikasi. (Bob Sabran, Penerbit Erlangga). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Cermati.com. (2016, September 26). Cermati.com. Diambil kembali dari Cermati.com Web site: http://www.cermati.com/artikel/mengenal-berbagai-macam-cara-untuk-membuat-kalender-konten/

Devi, N. J., & Artini, L. S. (2019). Konsep Komunikasi Digital. E-Jurnal Komunikasi.

Devi, N. P. (2019). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. E-Jurnal BSI.

Dwita, V., & Rahmidani, R. (2012). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi dalam Strategi Pemasaran Studi Kasus Objek Wisata Ledok Sambi Eco Playground dalam Menarik Minat Pengunjung Sebelum Pandemi Covid-19 dan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. Dokumen Space UII.

Firdausi, F. (2017). Konvergensi Media Online. E-jurnal LPP Munsera.

Ichwani, T., & Dewi, R. S. (2021). Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engangement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Teknik ITS.

Kusuma, G. I., Suhadak, & Arifin, Z. (2013). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Teknik ITS.

Listiani, S. (2019). Penguatan Online Engangement dengan Konten Digital Produk Melalui Workshop Foto Produk dan Media Promosi Digital pada Kelompok UMKM Wonoayu Sidoarjo. Journals UPI YAI.

Mahilo, M. B., & Parengkuan, T. (2015). Pembuatan Konten dan Editor untuk Instagram dan Youtube @Banggasurabaya “Gerakan Mencuci Tangan” di Humas Pemerintahan Kota Surabaya. Repository Universitas Dinamika.

Nidianti, P. I. (2013). Pembuatan Kalender Konten dengan Google Sheet dan Template Unggahan sebagai Upaya Pengakuan Media Sosial Instagram Komunitas Kantong Pintar. Jurnal UII.

Novianti, A. (2009). Produksi Konten Visual dan Audio Visual Media Sosial Lembaga Sensor Film. Digital Library Universitas Indonesia.

Rachmansyah MR, Palapah MAO. Promosi Concept Store melalui Media Sosial. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 17;7–14. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1798

Ramadhan BR, Gartanti WT. Strategi Komunikasi Pemasaran Bengkel Kulit Melalui Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 6;47–52. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/886

Published
2023-08-02