Implementasi Public Relations Forum Anak Daerah Jawa Barat dalam Mewujudkan Provinsi Layak Anak

  • Muhammad fikri Sabarsyah Ilmu komunikasi
  • Maman Suherman Ilmu komunikasi Public Relation
Keywords: Implementasi Public Relations, FAD JABAR, Provinsi Layak Anak

Abstract

Abstract. This research is backgrounded by Law No. 35 of 2014 which states that every child has the right to live, grow and develop, participate and receive protection from violence and discrimination. This research uses the theory of Cutlip and Center (1961) which suggests 4 (four) stages of the public relations process, namely: fact finding, planning and programming, communicating and evaluating. This research uses qualitative research methods with a descriptive approach. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation studies. The results of the research on the Implementation of Public Relations of the West Java Regional Children's Forum (FAD JABAR) in Realizing a Child Friendly Province (Provila) is in accordance with the 4 stages of the public relations process whose implementation is supported by the role of the West Java Provincial Office of Women's Empowerment, Child Protection and Family Planning, Facilitators and agencies related to child protection. The most important aspect in the implementation of public relations for this children's forum is that children are given the opportunity to express their aspirations/opinions and have their opinions heard in realizing a province that is suitable for children.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Undang – undang nomor 35 Tahun 2014 yang menyatakan  setiap Anak memiliki hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, berpartisipasi serta mendapat perlindungan dari kekerasan maupun diskriminasi. Sebagai wadah aspirasi anak, komunikasi internal maupun eksternal harus berjalan dengan baik sesuai harapan organisasi Forum Anak yang dapat dikendalikan melalui public relations yang memantau jalannya informasi yang masuk maupun keluar organisasi Forum Anak di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan teori Cutlip dan Center (1961) yang mengemukakan 4 (empat) tahapan proses public relations yaitu: fact finding, planning and programming, communicating dan evaluating. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian Implementasi Public Relation Forum Anak Daerah Jawa Barat  dalam Mewujudkan Provinsi Layak Anak (Provila) sesuai dengan 4 tahap proses public relations yang implementasinya didukung oleh peran dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Barat, Fasilitator maupun dinas instansi terkait perlindungan anak. Aspek yang terpenting dalam implementasi public relations forum anak ini adalah anak diberikan kesempatan untuk mengemukakan aspirasi/pendapatnya dan didengar pendapatnya dalam mewujudkan provinsi yang layak bagi anak.

References

Abdurrachman,Oemi.(1995). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Anwar CR, Gani R, Andriani, Arkam NF. Pendidik, Pelajar dan Orangtua, Ketika Kelas Berada dalam Genggaman. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 21;111–6. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1356

Danandjaja. (2011). Peran Humas Dalam Perusahaan.Jakarta: Graha Ilmu.

Ishak, Aswad. (2012). Peran Public Relations Dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Komunikasi,Volume 1 Nomor 4, Januari 2012.

Lindeborg,R.A.(1994). Excellent Communication. Public Relations Quartely, Vol 39(1), 5-12, Spring Edition.

Nova,Firsan.(2011). Crisis Public Relations. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Patilima,Hamid.(2017). Kabupaten Kota Layak Anak. Jurnal Kriminologi Indonesia Volume 13 Nomor 1, Mei 2017. Hal 39-55.

Satlita,Lena. (2011). Aktivitas Public Relations Dalam Rangka Membina Hubungan Baik Dengan Media Massa: staf pengajar pada program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. UGM. (2006).Media Public Relations. Diakses dari beesmart.uny.ac.id/course/lenatsatlita/Protokoler dan Etika Public Relations.pdf. Pada Tanggal 12 April 2022

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Syahidah, Nadhira, and Maman Suherman. "Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak Pecandu Gadget." (2021)

Wulandari Y. Depiction of Digital Safety Issues Between Parents and Adolescent in Banten Province. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 21;133–42. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1361

Published
2023-08-02