Strategi Komunikasi Upselling oleh Barista
Studi Kasus: Komunikasi up selling yang dilakukan Barista Fore Coffee outlet TSM Bandung
Abstract
Abstract. Fore Coffee is an original Indonesian coffee retail startup founded in 2018. Until now, Fore Coffee has 127 active outlets in 31 cities in Indonesia, one of which is the Fore Coffee outlet TSM Bandung, which is located on Jl. Gatot Subroto No. 289 Bandung, West Java. A business is inseparable from strategy, every company relies on a strategy to achieve its goals. In the midst of hectic coffee shop competition in Indonesia, every entrepreneur needs to think smart about the right strategy to use to maintain the existence of the coffee shop itself. Like Fore Coffee, which implements an up selling communication strategy as a marketing communication strategy implemented by the Barista. The purpose of this study was to find out the Up selling Communication Strategy carried out by Barista Fore Coffee. Researchers used qualitative research methods with a case study approach and used a constructivist paradigm. The informants in this study were 4 Baristas from the TSM Bandung Fore Coffee outlet and 3 Fore coffee customers. This study uses the theory of Behaviorism. The data in this study were obtained through semi structured interviews with sources, observation and documentation. The results of this study show that Barista Fore Coffee implements up selling communication as a marketing communication strategy for customers. It was also found that the up selling communication strategy carried out by Barista Fore Coffee was not solely carried out to increase sales through buying and selling agreements, but also to maintain a good image of the company through the services provided by the Barista.
Abstrak. Fore Coffee merupakan startup kopi retail asli Indonesia yang didirikan pada tahun 2018. Hingga saat ini Fore Coffee telah memiliki 127 outlet aktif pada 31 Kota di Indonesia, salah satunya adalah Fore Coffee outlet TSM Bandung yang terletak di Jl. Gatot Subroto No.289 Bandung, Jawa Barat. Sebuah bisnis tidak terlepas dari strategi, setiap perusahaan mengandalkan sebuah strategi guna mencapai tujuannya. Di tengah ramainya persaingan Coffee shop di Indonesia, setiap pengusaha perlu berpikir cerdas terkait strategi yang tepat digunakan untuk mempertahankan keberadaan Coffee shopnya itu sendiri. Seperti halnya Fore Coffee yang menerapkan strategi komunikasi up selling sebagai strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh Barista. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Up selling yang dilakukan oleh Barista Fore Coffee. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan paradigma konstruktivis. Narasumber pada penelitian ini merupakan 4 orang Barista dari Fore Coffee outlet TSM Bandung dan 3 orang pelanggan Fore coffee. Penelitian ini menggunakan teori Behaviorisme. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara semi terstruktur dengan para narasumber, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Barista Fore Coffee mengimplementasikan komunikasi up selling sebagai strategi komunikasi pemasaran yang diberikan terhadap pelanggan. Ditemukan pula bahwa strategi komunikasi up selling yang dilakukan Barista Fore Coffee bukan semata-mata dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui kesepakatan jual beli saja, melainkan juga untuk mempertahankan citra baik perusahaan melalui pelayanan yang diberikan oleh Barista.
References
Kotler, P, & Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima Belas. Jakarta: Erlangga
El Rahman FA, Fahmi MH. Strategi Marketing Public Relations Coffee Shop X di Masa Pandemi. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 6;35–41. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/881
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi. Revisi, P. 410).
Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif:Konsep Dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Yin, R. K. 2018. Case Study Research and Applications: Design and Methods 6th Edition. Singapore: SAGE Publications, Inc.
Dedy N, Hidayat. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Irsyad Nugraha Ritonga, Muhammad.E.Fuady. Strategi Pengelolaan Konten Morgy Coffee. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 18;15–24. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1829
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi keempat. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Offset.
Maryani, Anne dan Bima Wahyu. (2019). Opini Tentang Komunikasi Pemasaran Direct Marketing Pedagang Mobil Bekas. Jurnal Manajemen Komunikasi. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/15608/pdf