Brand Awareness pada Warung Kopi Imah Babaturan

  • Pandu Dewantara Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Indri Rachmawati Prodi Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi Pemasaran Digital, Brand Awareness, Warung Kopi Imah Babaturan

Abstract

runs out with time, this is because eating and drinking are primary needs for every human being on earth in order to maintain survival. To create public interest in getting to know and buying a product, a brand conducts digital marketing communications to increase its brand awareness. This research will discuss "Digital Marketing Communication to increase Brand Awareness at Warung Imah Baburan". The purpose of this research is to find out how the Digital Marketing Communication of Warung Kopi Imah Baburan increases Brand Awareness. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The subject of this research is the owner and marketing communication of the Imah Baburan coffee shop. Data collection techniques with interviews, observation, documentation and literature study. Data analysis technique is by reducing data, presenting data and making conclusions and verification. The validity test carried out by the researcher was source triangulation, using reference materials, and increasing persistence

Abstrak. Bisnis di bidang food & beverage adalah bisnis yang tidak pernah habis dimakan zaman, hal ini karena makan dan minum adalah kebutuhan primer bagi setiap manusia dimuka bumi agar tetap menjaga kelangsungan hidup. Untuk menciptakan minat masyarakat untuk mengenal dan membeli suatu produk, maka sebuah brand  melakukan Komunikasi Pemasaran digital untuk meningkatkan brand awareness nya. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai “Komunikasi Pemasaran Digital untuk meningkatkan Brand Awareness pada Warung Kopi Imah Babaturan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Pemasaran Digital Warung Kopi Imah Babaturan Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini yaitu pemilik dan marketing communication warung kopi Imah Babaturan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknis analisis data yaitu dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan serta verifikasi. Uji keabsahan yang dilakukan yang peneliti adalah triangulasi sumber, menggunakan bahan referensi, dan meningkatkan ketekunan.

References

Amadea IP, Hernawati R. Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 18;69–76. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2049

Andrologi, Febrian. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty dan Dampaknya Terhadap Brand Equity. Semarang : Universitas Diponegoro.

El Rahman FA, Fahmi MH. Strategi Marketing Public Relations Coffee Shop X di Masa Pandemi. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 6;35–41. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/881

Fatimayin, F. 2018. Communication and Language Skills. Lagos: Cambridge Scholars Publishing.

Gunawan, Adisaputro. (2010).Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah tinggi Ilmu Manjemen YKPN.

Hasbun, Buiharto, Endang Ruswanty. (2016). Komperasi Antara Kelompok yang Melihat Iklan dengan Brand AwarenessTerhadap Niat Beli (Studi Pada Commuter Line). Jurnal of Bussiness Studies, Volume 2, No.1

Kemenperin. (20 juli 2022, pukul 19.00 WIB). Kemenperin.go.id. Retrieved from https://kemenperin.go.id/artikel/22485/Industri-Makanan-dan-Minuman-Diakselerasi-Menuju-Transformasi-Digital.

Ramadhan MA, Chatamallah M. Strategi Komunikasi Pemasaran X. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 5;19–22. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/641

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku konsumen : implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Sari, Yulia (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Amazara (Studi Kasus Pemanfaatan Media Digital- Internet dalam Komunikasi Pemasaran PT. Amazara Cipta Indonesia Tahun 2019-2020) . Yogyajarta : Universitas Islam Indonesia.

Taan, Hapsawati. et,al (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. SEIKO: Jurnal Of Mangement & Bussiness. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Warung Kopi Imah Babaturan. (diakses pada 25 Januari 2023, Pukul 19.45 WIB) . https://warungimahbabaturan.wordpress.com/.

Published
2023-09-03