Makna Personal Branding Penyiar Radio Ardan di Media Sosial Instagram

  • Gita Puspita Garini Prodi Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Dede Lilis Chaerowati
Keywords: Penyiar Radio Ardan, New Media, Fenomenologi Alfred Schutz

Abstract

Abstract. Radio broadcaster Ardan utilizes Instagram as a personal branding medium. The purpose of this study is to describe and understand the underlying motives, purpose motives, meaning of experience, and the reasons for doing personal branding on Instagram social media. The theory used in this research is new media theory and Alfred Schutz's phenomenological theory. In this study, the paradigm used is an interpretive paradigm, and the authors use a qualitative research method with a phenomenological approach. The subjects in this study were three Ardan radio broadcasters, where the determination of the subject was selected using a purposive sampling technique. Data collection techniques used by the authors are interviews, observation, documentation, and literature study. The data analysis technique in this study is the Miles & Huberman interactive model, namely data reduction, data presentation, and conclusions. Test the validity of the data used by the author, namely source triangulation and method triangulation. The results showed that there were several motives behind the informants to do personal branding on social media Instagram, namely habitual motives, self-desire motives, and radio ranking position motives. Informants carry out personal branding on Instagram social media with the aim of increasing existence, expanding networking, gaining trust, building self-image, and promoting radio broadcast programs. informants interpret their experiences in doing personal branding on Instagram social media, namely: (1) As an effort to strengthen closeness with listeners, (2) As a witness to career journey and development, (3) As a form of promotion and formation self-image, (4) As a form of self-exploration, (5) As a portfolio.

Abstrak. Penyiar radio Ardan memanfaatkan Instagram sebagai media personal branding. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan memahami motif yang melatar belakangi, motif tujuan, makna pengalaman, dan alasan melakukan personal branding di media sosial Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori new media dan teori fenomenologi Alfred Schutz. Dalam penelitian ini, paradigma yang digunakan adalah paradigma interpretif, dan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang penyiar radio Ardan, dimana penentuan subjek tersebut dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan oleh penulis yaitu triangulasi sumber dan triangulasi dengan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa motif yang melatar belakangi informan untuk melakukan personal branding di media sosial Instagram, yaitu motif terbiasa, motif keinginan diri sendiri, dan motif kedudukan peringkat radio. Informan melakukan personal branding di media sosial Instagram dengan tujuan untuk meningkatkan eksistensi, memperluas networking, mendapatkan kepercataan, membangun citra diri, dan mempromosikan program siaran radio. Informan memaknai pengalamannya dalam melakukan personal branding di media sosial Instagram yaitu (1) Sebagai upaya memperkuat kedekatan dengan pendengar, (2) Sebagai saksi perjalanan dan perkembangan karir, (3) Sebagai bentuk promosi dan pembentukan citra diri, (4) Sebagai bentuk eksplorasi diri, (5) Sebagai portofolio.

References

Adinda Sabilla, Mohamad Subur Drajat. Hubungan Celebrity Endorser dengan Keputusan Pembelian Halosnap.Id di Media Sosial Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 17;61–8. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2024

Afif, Alfian Rahardian. 2020. “Strategi Penyiar Radio di Kota Solo Melalui Media Podcast Pada Platform Spotify.” Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

A.M, Morissan. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Chaerowati, Dede Lilis., Nova Yulianti, dan M. Rochim. 2013. “Mengusung Masyarakat Madani melalui Radio Komunitas.” dalam Mimbar: Jurnal Sosisal dan Pembangunan. Volume 29, Nomor 2, Tahun 2013 (hlm. 145-154).

Efrida, Sella., dan Anisa Dinianti. 2020. “Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017” dalam Jurnal Kajian Komunikasi. Volume 8, No. 1, Tahun 2020 (hlm 57-71).

Fauzi, R.A., dan Lilis D. 2019. “Presentasi Diri Penyiar Radio.” dalam Prosiding Manajemen Komunikasi. Volume 5, No. 2, Tahun 2019 (hlm 388-393).

Hasbiansyah, O. 2008. “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi.” dalam Mediator: Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 9, Nomor 1, Tahun 2008 (hlm. 163-180).

Kuswarno, Engkus. 2006. “Tradisi Fenomenologi Pada Penelitian Komunikasi Kualitatif.” dalam Mediator: Jurnal Komunikasi. Volume 7, Nomor 1, Tahun 2006 (hlm. 47-58).

Marlinah. 2015. “Mempertahankan Identitas Radio Melalui Pembentukan Karakteristik Penyiar.” Skripsi. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Rachmansyah MR, Palapah MAO. Promosi Concept Store melalui Media Sosial. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 17;7–14. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1798

Restusari, Firda N., dan Farida. 2019. “Instagram Sebagai Alat Personal Branding Dalam Membentuk Citra Diri.” dalam Mediakom Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 3, Nomor 2, Tahun 2019 (hlm. 176)

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Rusdianah, Mery dan Denik Iswardani Witarti. 2021. “Pengelolaan Kesan Penyiar Radio: Studi Dramaturgi Erving Goffman Pada Indra “The rain” Penyiar Program Malam-Malam I-Radio 89,6 FM Jakarta.” dalam Jurnal PANTAREI. Volume 5, Nomor 2, Tahun 2021.

Sadya, S. 2023 “Pengguna Instagram RI Terbesar Keempat di Dunia pada Awal 2023”, https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-ri-terbesar-keempat-di-dunia-pada-awal-2023 diakses pada 30 Maret 2023 pukul 17.10

Published
2023-08-02