Pola Komunikasi Penulis dan Pembaca Cerita Fiksi dalam Memanfaatkan Media Komunikasi Platform Twitter

(Studi Kasus pada Akun Twitter @urenjoyment)

  • Adinda Zidni Fakhira Adinda Zidni Fakhira Bandung Islamic University
  • Yadi Supriadi
Keywords: Pola Komunikasi, Cerita Fiksi, Media Komunikasi

Abstract

Abstract. Communication is an important aspect of human life that can help solve problems and improve interpersonal interactions by utilizing information and communication technology. Advances in information and communication technology mean that the interaction process is not only carried out face-to-face, but can also be done virtually. Technological developments underlie the birth of the internet which creates the existence of social media as a means of connectivity and communication in accessing all information, knowledge, education and entertainment. One of the developments of information and communication technology is social media Twitter. For this reason, this study discusses the use of Twitter social media in the context of interpersonal communication that occurs between writers and readers of fictional stories. This study aims to determine the pattern of communication that occurs between writers and readers of the Alternative Universe (AU) fictional story entitled “Personal Assistant” on the Twitter social media account @urenjoyment. This research was conducted using qualitative methods, through a case study approach involving key informants and supporting informants, namely the Twitter account owner @urenjoyment and followers who are fiction readers on the Twitter account @urenjoyment. The findings of this study indicate the varied communication patterns found on social media Twitter, namely one-way and two-way communication patterns. Both writers and readers of fictional stories take advantage of the existing features on social media Twitter to interact with each other regarding topics they are interested in, namely Alternative Universe (AU) fictional stories.

Abstrak. Komunikasi menjadi aspek penting dalam kehidupan manusia yang dapat membantu dalam memecahkan suatu masalah dan meningkatkan interaksi interpersonal dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan proses interaksi tidak hanya dilakukan secara tatap muka, namun juga dapat dilakukan secara virtual. Perkembangan teknologi mendasari lahirnya internet yang menciptakan keberadaan media sosial sebagai sarana konektivitas dan komunikasi dalam mengakses segala informasi, pengetahuan, edukasi, hingga hiburan. Salah satu perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi adalah media sosial Twitter. Untuk itu, penelitian ini membahas mengenai penggunaan media sosial Twitter dalam konteks komunikasi interpersonal yang terjadi antara penulis dan pembaca cerita fiksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi antara penulis dan pembaca cerita fiksi Alternative Universe (AU) yang berjudul “Personal Assistant” pada akun media sosial Twitter @urenjoyment. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan studi kasus yang melibatkan informan kunci dan informan pendukung, yaitu pemilik akun Twitter @urenjoyment serta pengikut yang merupakan pembaca cerita fiksi pada akun Twitter @urenjoyment. Temuan penelitian ini menunjukkan pola komunikasi yang bervariasi yang ditemukan pada media sosial Twitter, yaitu pola komunikasi satu arah dan dua arah. Baik penulis maupun pembaca cerita fiksi memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada media sosial Twitter untuk berinteraksi satu sama lain mengenai topik yang mereka minati, yaitu cerita fiksi Alternative Universe (AU).

Abstrak. Komunikasi menjadi aspek penting dalam kehidupan manusia yang dapat membantu dalam memecahkan suatu masalah dan meningkatkan interaksi interpersonal dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan proses interaksi tidak hanya dilakukan secara tatap muka, namun juga dapat dilakukan secara virtual. Perkembangan teknologi mendasari lahirnya internet yang menciptakan keberadaan media sosial sebagai sarana konektivitas dan komunikasi dalam mengakses segala informasi, pengetahuan, edukasi, hingga hiburan. Salah satu perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi adalah media sosial Twitter. Untuk itu, penelitian ini membahas mengenai penggunaan media sosial Twitter dalam konteks komunikasi interpersonal yang terjadi antara penulis dan pembaca cerita fiksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi antara penulis dan pembaca cerita fiksi Alternative Universe (AU) yang berjudul “Personal Assistant” pada akun media sosial Twitter @urenjoyment. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan studi kasus yang melibatkan informan kunci dan informan pendukung, yaitu pemilik akun Twitter @urenjoyment serta pengikut yang merupakan pembaca cerita fiksi pada akun Twitter @urenjoyment. Temuan penelitian ini menunjukkan pola komunikasi yang bervariasi yang ditemukan pada media sosial Twitter, yaitu pola komunikasi satu arah dan dua arah. Baik penulis maupun pembaca cerita fiksi memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada media sosial Twitter untuk berinteraksi satu sama lain mengenai topik yang mereka minati, yaitu cerita fiksi Alternative Universe (AU).

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Cerita Fiksi, Media Komunikasi, Twitter.

References

Chandra, F. (2021). Social Media Marketing (Nusa, Ed.). DIVA Press.

Dewi AR, Ahmadi D. Hubungan Terpaan Tweet “Twitter, Please Do Your Magic” dengan Sikap Remaja. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 4;6–13. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/639

Kurniawan, I., Humam, Q. A., Chairunisa, A. F., Zharfani, G. N., Salsabila, A., Saputri, A. F., & Carolina, B. (2023). Hakikat, Etika, dan Filsafat Komunikasi dalam Dinamika Sosial (P. K. Nisa, Ed.). Mahakarya Citra Utama Group.

Sofhie, N. Z., & Gati, D. Y. (2022). Hiperrealitas K-Popers Terhadap Original Character Role Player (OCRP) Fanfiction di Twitter. Jurnal Publish, 124(2), 70–175.

Rinawati, R. (2017). Pola Komunikasi dalam Pencegahan KDRT di Jawa Barat. 10, 87–96.

Siregar MRA, Salsabila AS, Mutmainah SH, Inzaghi KW. Memahami Perilaku Generasi Z di Kedai Kopi Bogor Timur. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 16;1–6. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1720

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Knstruktif) (S. Y. Suryandari, Ed.). Alfabeta.

Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2017). Strategi ‘Marketing Public Relations’ Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. MediaTor, 10, 1–10.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Suwito, Ed.). KENCANA.

Published
2023-08-02