Pemanfaatan Selebgram sebagai Media Promosi Produk

  • Salman Hafizh Ilmu Komunikasi, Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Tresna Wiwitan Public Relations, Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Media Promosi, Selebgram, Teori ExcelTeori Excellence in Public Relations

Abstract

Abstract. Visval is a company that has been established for approximately 9 years in Bandung city. Although initially focused on retail and fashion, Visval has expanded its scope beyond a single coordinate to include new lineups such as accessories, clothing, jackets, pants, and many others. The purpose of this study is to examine and analyze: 1) The reasons why Visval chose Indy Ratna as its Brand Ambassador, 2) The process of designing messages for the Visval X Indy Ratna collaboration Instagram posts, 3) The positive impact the company has received after utilizing influencers. In this study, the author employs a case study method to examine and analyze the subject matter, which will be incorporated into the research. The Excellence in Public Relations theory is utilized by the author with the hope of facilitating the data analysis process. There are unique aspects that need to be explored in this research, especially regarding the collaborative process of creating bags with the young influencer, Indy Ratna. The research findings indicate that Visval leverages influencers as a promotional medium to collaborate with Indy Ratna, which has garnered positive feedback for the company. This collaboration has created a positive brand image and generated a new market for Visval, contributing to the company's growth and increased sales of both their existing and new products.

Abstrak. Visval merupakan sebuah perusahaan yang sudah berdiri kurang lebih sekitar 9 tahun di Kota Bandung. Bergerak sejak awal pada bidang retail dan fashion tidak membuat visval hanya bergerak pada satu koordinat saja akan tetapi lebih meluas lagi pada lineup barunya seperti aksesoris, baju, jaket, celana, dan masih banyak yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis: 1) Alasan Visval memilih Indy Ratna sebagai Brand Ambassador, 2) Proses perancangan pesan pada postingan instagram kolaborasi Visval X Indy Ratna, 3) Dampak positif yang diterima perusahaan setelah melakukan pemanfaatan selebgram. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus untuk mengkaji dan menganalisis yang nantinya akan dituangkan pada penelitiannya. Teori Excellence in Public Relations digunakan oleh penulis dengan harapan dapat memudahkan penulis dalam proses pengkajian data dan dalam proses menganalisa data yang sudah didapatkan. Terdapat keunikan yang harus digali dalam penelitian ini khususnya pada proses pembuatan tas yang berkolaborasi dengan influencer muda yaitu Indy Ratna. Hasil penelitian menunjukan bahwa Visval memanfaatkan selebgram sebagai media promosi produknya untuk menjalankan kolaborasi bersama Indy Ratna yang berhasil menuai umpan balik positif terhadap perusahaan. Menciptakan citra baik dan menimbulkan pasar baru bagi Visval yang menjadi suatu nilai positif untuk lebih mengambangkan perusahaannya dan juga menaikan kembali dari sisi penjualan produk lawasnya maupun produk barunya.

References

Disbudpar Kota Bandung, https://www.disbudpar.bandung.go.id/ Diakses pada tanggal 6 Desember, 2022.

Daymon, Christine., dan Immy Holloway. 2008. Metode-metode Riset Kualitatif: dalam Public Relations dan Marketing Communications. Yogyakarta: Penerbit Bentang.

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ginting, Rahmania Dkk. 2021. Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Cirebon: Penerbit Insania.

Amadea IP, Hernawati R. Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 18;69–76. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2049

Hasanah, Shalza Fitri Nur & Hedi Hadiansyah, M.S (2022) Rancangan Buku Grafis Dasar Catur. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual. Universitas Pasundan. Bandung.

Hidayat, Dedy N. (2002). Metodologi Penelitian Dalam Sebuah “Multi-Paradigm Science”. MediaTor. 3(2), 197 – 219.

Muhammad Akbar Wiradhika Utama, Sophia Novita. Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 16;55–60. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1996

Mulyadi, Urip, dan Lisa Fitriana. 2018. Hashtag (#) as Message Identity in Virtual Community. Jurnal The Messenger, (10)1. 44-53.

Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurjanah. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 6(2), 39-50.

Okta Daniel, Setiawan (2011) LKP : CD Interaktif "Pembuatan Company Profile UD. Windo Jaya Printing Sidoarjo". Undergraduate thesis, STIKOM Surabaya.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20.

Rochman, E. A., & Iskandar, B. P. (2015). Users' engagement toward the brand accounts in instagram based on the aisas model. Journal of business and management (4)8, 890-900.

Sari, Anggi Damora (2021) Pemanfaatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Fitur Reels Instagram Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Prosding Seminar Nasional PBSI-V

Wina, Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published
2023-08-02