Analisis Kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Indocement Tunggal Prakarsa TBK Plant Cirebon dalam Membangun Stakeholder Relations
Abstract
Abstract. Companies not only have economic and legal obligations (for shareholders or shareholders) but are also responsible to their owners, as well as all parties or (stakeholders) involved in sustainable development. Companies must also be aware that their operations have a direct or indirect impact on society and the environment. For this reason, companies must always carry out due diligence on the company's social, economic and environmental impacts in order to increase positive impacts and reduce negative impacts in its business activities. PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. As one of the large corporate companies, they attach great importance to social aspects by establishing a CSR (Corporate Social Responsibility) program, namely Uninhabitable Houses, with full commitment to the welfare of the community around the area of operation. The purpose of this study is to know and understand the criteria for PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Cirebon Plant in establishing the Uninhabitable Houses CSR program, to find out and understand the stakeholder mapping carried out by PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Plant Cirebon in the Uninhabitable Houses CSR program, as well as to find out the purpose of holding the Uninhabitable Houses program. In this study, researchers used a qualitative research method with a case study approach. The data collection method was carried out using interview techniques, documentation, observation, and literature study. Furthermore, researchers used source triangulation as a technique to test the validity of the data.
Abstrak. Perseroan bukan hanya memiliki kewajiban ekonomi dan hukum (yaitu kepada pemegang saham atau shareholder) tetapi juga bertanggung jawab kepada pemiliknya, maupun semua pihak atau (stakeholder) yang terlibat dalam pembangunan berkelanjutan. Perusahaan juga harus menyadari bahwa operasinya memiliki dampak langsung atau tidak langsung terhadap masyarakat dan lingkungan. Untuk itu, perusahaan harus selalu melakukan uji tuntas terhadap dampak sosial, ekonomi serta lingkungan perusahaan dapat meningkatkan dampak positif dan mengurangi dampak negatif dalam kegiatan usahanya. Seperti halnya PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Sebagai salah satu perusahaan perseroan besar, mereka mementingkan aspke-aspek sosial kepada masayarakat dengan membuat program CSR (Corporate Social Responsibility) yaitu Rumah Tidak Layak Huni, dengan memeiliki komitmen penuh untuk mensejahterakan masyarakat sekitar wilayah operasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui serta memahami kriteria PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Plant Cirebon dalam menetapkan program CSR Rumah Tidak layak Huni, untuk mengetahui dan memahami stakeholder mapping yang dilakukan oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Plant Cirebon dalam program CSR Rumah Tidak layak Huni, serta untuk mengetahui tujuan diadakanya program Rumah Tidak layak Huni. Dalam penelitian ini, peneliti memakai metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Teknik wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Selanjutnya, peneliti menggunakan triangulasi sumber sebagai Teknik uji keabsahan data.
References
Agung Setiawan, Maman Suherman. Implementasi CSR PT X dalam Membangun Ketahanan Pakan Ternak. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 21;33–40. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1955
Coombs, Timothy dan Sherry Holladay. 2012. Managing Corporate Social
Responsibility: A Communication Approach. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Corrylia Almira Rahma Raissa, Ahmadi D. Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;59–66. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1087
Freeman, R. Edward. 1984. Strategic Management: A Stakeholders Approach. New York: Cambridge University Press.
K. Yin, Robert. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pesada.
Kotler. Philip dan Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibility. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Lestari ID, Hernawati R. Kegiatan CSR dalam Meningkatkan Corporate Image. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 4;1–5. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/626
Mulyana. Deddy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Anatan, L. (2009). “Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktek di Indonesia.” Jurnal Manajemen.
Bayu Ilham, Mufrodatul. (2016). “Implementasi Corporate Social Responsibility Pada PT Otsuka Indonesia-Malang.” Jurnal Ilmiah FEB Universitas Brawijaya,
Fila Novitasari, Isharijadi, Juli Murwani. (2018). “Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Untuk Kemanfaatan Perusahaan pada PG. Pagotan Madiun.” Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat.