Strategi Penyebaran Informasi pada Protokol Komunikasi Pimpinan Kota Bandung

  • Ghinaayra Maisyara Salsabila Ilmu Komunikasi
  • Dedeh Fardiah
Keywords: Strategi Penyebaran Informasi, Halo Bandung On The Spot, Prokopim

Abstract

Abstract. The Leadership Communication Protocol Section, which is still under the auspices of the Bandung City Government, created a program called Halo Bandung On The Spot to socialize directly with the public regarding the Bandung City Leadership work program using a booth activation system. The researcher uses a qualitative research method with a constructivism paradigm and a case study research approach. The research subjects in this study were four informants who were part of the Halo Bandung On The Spot Program team. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, documentation studies, and literature study. The results of this study are: 1) The steps used by Prokopim in the process of preparing for Halo Bandung On The Spot activities are four stages, namely setting goals and targets, formulating strategies, setting resources, setting standards to achieve success, 2) Process Communication in the implementation of the Halo Bandung On The Spot program uses face-to-face communication and digital communication, 3) The use of the booth system as a form of socialization of the introduction of the Bandung City Leadership program to the public is based on three important points, namely the audience, the event theme, and the presence of the leadership, 4) The the benchmark for the success of this program is the number of visitors who come as many as 50-100 people.

Abstrak. Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan yang masih dibawah naungan Pemerintah Kota Bandung membuat sebuah Program bernama Halo Bandung On The Spot untuk bersosialisasi langsung dengan masyarakat mengenai program kerja Pimpinan Kota Bandung menggunakan sistem booth activation. Peneliti menggunakan metode penelitian kualiatif dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu berjumlah empat orang narasumber yang merupakan bagian dari tim Program Halo Bandung On The Spot. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Langkah-langkah yang digunakan oleh Prokopim dalam proses persiapan kegiatan Halo Bandung On The Spot ada empat tahap yaitu penentuan tujuan dan target sasaran, penyusunan strategi, menetapkan sumber daya, menentukan standar untuk mencapai keberhasilan, 2) Proses Komunikasi dalam pelasanaan program Halo Bandung On The Spot menggunakan komunikasi tatap muka dan Komunikasi digital, 3) Penggunaan sistem booth sebagai bentuk sosialisasi pengenalan program Pimpinan Kota Bandung kepada masyarakat didasari oleh tiga poin penting yaitu Audiens, tema acara, dan kehadiran pimpinan, 4) Yang menjadi tolak ukur keberhasilan program ini yaitu jumlah pengunjung yang datang sebanyak 50-100 orang.

References

Anggraini, C., dkk. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 337–342.

Aryani, D.P., Nugraha, A.R. (2019). Proses Public Relations Dalam Kegiatan

Haifa Khoirunnisa Mutiara Ardia, Nova Yuliati. Pengelolaan Kesan Petugas Protokoler Berkarakter Islami. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 21;41–6. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1962

Irwanto. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten). Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 86-107.

Jauhari, M. (2021). Cyber Public Relations: Membangun Kepercayaan Publik Melalui Media Siber. Jogjakarta: LP3DI Press.

Junaidi., Zaluhku, L. W., (2021). Peran Komunikasi Antar Pribadi Pimpinan Dan Bawahan Dalam Peningkatan Produktivitas Kerja Selama Pandemi. Jurnal Network Media. 4(2), 66-83.

Katuuk, O. K., Nourman, K., Edmon, R. K., (2016). Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Eksistensi Sanggar Seni Vox Angelica. E-journal: Acta Diurna. 5(5), 1-10.

Muhammad Akbar Wiradhika Utama, Sophia Novita. Strategi Komunikasi Pemasaran TIC Kota Bandung sebagai Sarana Informasi Pariwisata di Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 16;55–60. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1996

Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Roudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi (Edisi Revisi). Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti. (2018). Komunikasi Pemerintahan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Siregar, R. T., dkk. (2021). Komunikasi Organisasi. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung. Layanan Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (Kekasih Juara). Jurnal Common. 3(1), 52-70.

Surahmi, A., & Farid, M. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 231–239.

Taufik, I. P., Akhmad, F., & Hidayah, E. S. (2022). Strategi Penyebaran Informasi Persyaratan Penerbitan Dokumen Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang. Jurnal Registratie, 4(1), 32–50.

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan Strategi komunikasi dalam kegiatan pembangunan. Jurnal Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, 18(1), 53–61.

Wiksana, W. A. (2017). Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 121–131.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/137503/permendagri-no-56-tahun-2019 diakses pada 11 Mei 2023 pada pukul 02.37 WIB

Published
2023-08-02