Positioning Radio Dangdut Modern
Abstract
Abstract. Radio Cosmo FM is one of the radio broadcasting genre dangdut in Bandung. Radio Cosmo FM performs positioning as a modern and leading dangdut radio with a segmentation of young people who are distinguishing from other dangdut radios. It aims to be a reservoir of music development especially in dangdut genres. Visual radio as today’s radio is also a supporter of such radio as dangdut radio. The aim of this study is to find out how the positioning strategies carried out by the company in terms of image differentiation, product diferenciation, listener segmentation, and Radio Cosmo Visual are attracting listeners. Data collection techniques by conducting observations and in-depth interviews with public relations marketing and broadcasters. The results of this study differentiate the music program carried out by Radio Cosmo as a modern dangdut radio, the leading has quite a lot of differentiation done to get the market share sought in terms of the presentation of music program that uses hits maker, the program of the event that became the foundation in delivering Radio cosmo as the modern radio dangdut by providing up-to-date information, the style of its broadcasters with a young boy style and Radio Cosmos Visual as an icon of modern change in the terms of media. The image displayed by Radio Cosmo is a modern radio broadcast but remains on its sidelines by implanting Islamic and cultural values with the segmentation of young people. This makes the positioning of the radio retains its image and expression in the midst of competitors because although Radio Cosmo is not a radio that is superior in all respects but Radio Cosme has a differentiator from other Radio that is the main line of listeners to keep listening to Radio Cosmos not only once but repeatedly.
Abstrak. Radio cosmo FM merupakan salah satu radio yang menyiarkan genre dangdut di Bandung. Radio Cosmo FM melakukan positioning sebagai radio dangdut modern dan terkemuka dengan segmentasi anak muda yang menjadi pembeda dengan radio dangdut lain. Memiliki tujuan untuk menjadi wadah pengembangan musik khususnya pada genre dangdut. Radio visual sebagai radio masa kini juga merupakan pendukung radio tersebut sebagai radio dangdut yang kekinian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi positioning yang dilakukan perusahaan dari segi diferensiasi citra, diferensiasi produk, segmentasi pendengar, dan Radio Cosmo Visual yang menjadi daya tarik pendengar. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam dengan marketing public relation dan penyiar. Hasil penelitian ini diferensiasi program musik yang dilakukan oleh Radio Cosmo sebagai radio dangdut modern, terkemuka memiliki cukup banyak diferensiasi yang dilakukan untuk mendapatkan pangsa pasar yang dicari dari segi penyajian program musik yang menggunakan hits maker, program acara yang menjadi andalan dalam menyampaikan Radio Cosmo sebagai radio dangdut modern dengan memberikan informasi terkini, gaya para penyiarnya dengan gaya anak muda dan Radio Cosmo Visual sebagai ikon perubahan modern dari segi media. Citra yang ditampilkan Radio Cosmo sebagai radio dangdut modern tetapi tetap pada kaidahnya dengan menanamkan nilai-nilai keislamaan dan budaya dengan segmentasi anak muda. Hal tersebut menjadikan positioning radio tersebut mepertahankan citra dan ekesitensinya ditengah competitor karena walaupun Radio Cosmo bukan merupakan radio yang unggul dalam segala hal tetapi Radio Cosmo memiliki pembeda dari Radio lain yang menjadi garis besar pendengar untuk terus mendengarkan Radio Cosmo tidak hanya sekali tetapi secara berulang.
References
Amadea IP, Hernawati R. Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 18;69–76. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2049
Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.
Carter, & David, W. (1999). Marketing Strategy. New Jersey: Pretince Hall International Inc.
Effendy, Onong Uchjana. 1991. Radio Siaran Teori & Praktek. Mandar Maju: Bandung.
Galih Akbar Prabowo, Basuki Agus Suparno, dan Edwi Arif Sosiawan. 2013. Strategi Segmentasi dan Positioning Radio Global Fm Jogja dalam Merebut Pangsa Pasar. Vol 2. No 2.
Gan Gan Giantika. 2021. Strategi Komunikasi Pemasaran Indihome Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19. Vol 12. No 1.
Geofakta Razali dan Evawani Elysa Lubis. 2017. Strategi Positioning Radio Mandiri 98,3 Fm Sebagai Radio News and Business Pekanbaru. Vol 3. No 3.
Harliantara. 2016. On Air to Online: Pengantar Penyiaran Radio. Patinum Mitra Grafika: Jakarta Selatan
Helaluddin, Hengky Wijaya. . 2019. Analisis Data Kualitatif. Makassar. Sekolah Tinggi Theolofia Jaffray.
Jalaluddin. . 2019. Metode Penelitian Komunikasi : dilengkapi contoh analisis statistik / jalaluddin rakhmat. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Leonardo Budi Hasiholan dan Yunni Rusmawati DJ. 2019. Strategi Positioning Dalam Upaya Membangun Brand. Vol 4. No 2.
Melas, C. D., Zampetakis, L. A., Dimopoulou, A., & Moustakis, V. (2011). Modeling the acceptance of clinical information systems among hospital medical staff: An extended TAM model. Journal of Biomedical Informatics. 44: 553–564.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (6th ed.) (Putri Iva Izzati, Trans). Jakarta: Salemba Humanika.
Mona Lohanda, "Dangdut : Sebuah Pencarian Identitas (Tinjauan Keail dari Segi Perkembangan Historis)”, dalam Edi Sedyawati dan Sapardi Djoko Damono (Ed.) Seni dalam Massarakat Indonesia, Bunga Rampai. 1983. Jakarta: P.T. Gramedia.
Muhammad Al Fahri, Anne Ratnasari. 2020. Hubungan Positioning Produk Gelato dengan Kepercayaan Konsumen. Vol 6. No. 2.
Onong Uchjana Effendy. 2019. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Ramadhan MA, Chatamallah M. Strategi Komunikasi Pemasaran X. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 5;19–22. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/641
Santi Indra Astuti. 2008. Jurnalisme Radio Teori dan Praktik. Bandung. Rekatama Media.
Scelly, A, C., Riris Loisa. & Sudarto. 2021. Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awarness. Vol 5 No.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakatra. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, CV.
Sujarweni, V. Wiratna. 2020 Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suryadi, Edi., Deni Darmawan dan Ajang Mulyadi. 2019. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Turow, J. (2014). Media Today, Mass Communication in A Converging World (Fifth edition). 711 3rd Avenue, New York, NY 10017.: Routledge .
Vivian, J. 2008. The Media of Mass Communication (8th Edition) (terjemahan:Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana-Prenada Media Group.
Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go- Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing public relations. Jurnal Komunikasi Vol. 9, 31-4
Wiratna Sujarweni. 2020. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami / V. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Yasser Ersyad, Eni Maryani, dan Siti Karlinah. 2018. Komunikasi Pemasaran dalam Positioning N219 oleh PT Dirgantara Indonesia (Persero). Vol 6. No 1.
Yin. Robert K. 2006. Studi kasus: desain & metode / Robert K. Yin; penerjemah, M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: RajaGrafindo Perkasa
Yunita, Linda Desma., dan Tri Handayani. 2018. Strategi Bauran PromosiPenyelenggaraan Event (Studi Kasus Perencanaan dan Penyelenggaraan Event Pasar Murah). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, Vol.4, No.