Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Barista dan Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen

  • Muhammad Adham Rashif Prodi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Konsumen, Coffee Shop

Abstract

Abstract. Indonesia has suitable natural conditions which are ideal for growing quality coffee. The presence of coffee shops in Indonesia is not only a place to sip a cup of coffee, but also a part of the lifestyle for urban communities. This study uses the positivism paradigm. The positivism paradigm in social research refers to the use of the scientific method to test hypotheses about social phenomena. In a positivism view, researchers can use quantitative data collection techniques and apply statistical analysis to test hypotheses. The problems that can be identified in his research are: (1) How big is the social influence of baristas and consumers on customer satisfaction of Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction, (2) How big is the influence of barista and consumer trust on customer satisfaction Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction, (3) How much influence does the perception of baristas and consumers have on customer satisfaction Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction, (4) How much influence does the communication skills of the barista and consumers have on customer satisfaction Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction. Based on the results of data research and discussion, the conclusion is that Interpersonal Communication between Baristas and Consumers has a significant influence on Consumer Satisfaction at Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction with a contribution of influence that is equal to 41% while the remaining 59% is the large contribution of influence given by the factors other factors not examined.

Abstrak Indonesia memiliki kondisi alam yang cocok dan ideal untuk menanam kopi berkualitas. Kehadiran kedai kopi di Indonesia tidak hanya menjadi tempat menyeruput secangkir kopi, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Kajian ini menggunakan paradigma positivisme. Paradigma positivisme dalam penelitian sosial mengacu pada penggunaan metode ilmiah untuk menguji hipotesis tentang fenomena sosial. Dalam pandangan positivisme, peneliti dapat menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dan menerapkan analisis statistik untuk menguji hipotesis. Permasalahan yang dapat diidentifikasi dalam penelitiannya adalah: (1) Seberapa besar pengaruh sosial barista dan konsumen terhadap kepuasan pelanggan Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction, (2) Seberapa besar pengaruh barista dan kepercayaan konsumen terhadap pelanggan kepuasan Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction, (3) Seberapa besar pengaruh persepsi barista dan konsumen terhadap kepuasan pelanggan Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction, (4) Seberapa besar pengaruh keterampilan komunikasi barista dan konsumen terhadap pelanggan kepuasan Fore Coffee Outlet Yogya Sumbersari Junction. Berdasarkan hasil penelitian data dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa Komunikasi Interpersonal antara Barista dan Konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di Outlet Fore Coffee Yogya Sumbersari Junction dengan kontribusi pengaruh yaitu sebesar 41% sedangkan sisanya sebesar 59%. adalah besarnya kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor faktor lain yang tidak diteliti.

References

Espressoitalia. Espresso Italia. Diakses April 25, 2023, https://espressoitalia.id/daerah-penghasil-kopi-di-indonesia/.

Riki Anggara, (2022). Analisis Produksi Dan Pendapatan Usaha Tani Biji Kopi Robusta Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Pada Perkebunan Kopi Robusta Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , Universitas Lampung.

Andam, Sari. (2022). Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Perkebunan Kopi Arabika Di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Diploma Thesis, Universitas Andalas.

Maulana IA, Nurrahmawati. Grooming Front Officer dan Kepuasan Konsumen. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 7;53–8. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/887

Yulianti, Y., & Deliana, Y. (2018). GAYA HIDUP KAITANNYA DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MINUMAN KOP. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis.

Ukmindonesia. UKM Indonesia. Diakses 20 Februari, 2023, https//www.ukmindonesia.id

Krisnayana, R. (2020). REALITAS BUDAYA NGOPI DI CAFE PADA REMAJA. DIALEKTIKA, 7(1), 51-64.

Ramadhan MA, Chatamallah M. Strategi Komunikasi Pemasaran X. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 5;19–22. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/641

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Menperin: “Ngopi Bareng”, Gairahkan Industri Kopi Indonesia. Diakses 20 februari, 2023. Kemenperin.go.id

Ottencoffee. Ottencoffee Indonesia. Diakses Maret 19, 2023, https://ottencoffee.co.id/

Siska (2013). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Perilaku Konsumen. Vol 2, No 2. Lontar Jurnal Komunikasi

Pranitasari, D., & Sidqi, A. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen.

Kusumawati, Tri Indah. (2016). KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL. Vol 6, No 2. Sumatra Utara: UIN

Yulianita, Neni. (1998). Proses Komunikasi Buku 2. Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba.

Yulianita, Neni. (1998). Proses Komunikasi Buku 1. Fakultas Ilmu Komunikasi.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA, Bandung

Mangkunegara. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kesebelas. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Supertini, Telagawathi, & Yulianthini. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusaka Kebaya Di Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

Simamora, Bilson. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta.

Siyamtinah & Hendar. (2015). Meningkatkan Pembelian Ulang Melalui Kepercayaan Dan Kepuasan Pada Pembelanjaan Online. Universitas Diponegoro Semarang

M Safira, N Rina. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Pada Pelayanan DivisiMarcomm Avicena Co-Roasting Space Terhadap Kepuasan Pelanggan. Universitas Telkom

Devito, J. A. (2021). The Interpersonal Communication Book (15th ed.). Pearson.

Published
2023-08-02