Komunikasi Public Relations dalam Program Corporate Social Responsibility Talent Udjo
Abstract
Abstract. Government policies oblige companies to carry out CSR programs in the environment around the company aiming to bring companies closer to the community. PT. Saung Angklung Udjo dedicates its CSR program "Talent Udjo" to students who become the foundation of hope for parents to be able to change their family's economy. With this phenomenon the researcher intends to find out how PR communicates in the Udjo talent CSR program. In this study using qualitative methods with a case study approach, using the constructivism paradigm. Then, data sources were obtained through interviews, observation, and documentation in the field. Data analysis will be carried out using data reduction analysis techniques, data presentation, and drawing conclusions. Describes that public relations communication in the talent udjo CSR program has not really shown the implementation of a PR practitioner. The CSR program that has been created long ago has not changed the position of a public relations officer at PT. Saung Angklung Udjo. The creation of the Udjo talent CSR program has the intention of being a form of his love for the preservation of culture from West Java which is made of bamboo to empower the community which has been maintained until now so as to create generations of children of the nation who are increasingly developing with the priority of school dropouts. Internal and external communications created by public relations must be good. Public relations is believed to be the face of the company in receiving guests and giving a friendly impression to visitors. Coffee morning is held as an evaluation of employee divisions in order to establish closer relationships. @saungangklungudjo is an Instagram social media account owned by PT. Saung Angklung Udjo in promoting and disseminating information, but in the CSR talent program, Udjo still uses a word of mouth strategy in attracting children who will join.
Abstrak. Kebijakan pemerintah mewajibkan perusahaan untuk melaksanakan program CSR di lingkungan sekitar perusahaan bertujuan untuk mendekatkan perusahaan dengan masyarakat. PT. Saung Angklung Udjo mendedikasikan program CSR ”Talent Udjo” kepada anak-anak didik yang menjadi tumpuan harapan para orang tua untuk bisa merubah perekonomian keluarganya. Dengan fenomena ini peneliti bermaksud untuk mengetahui bagaimana komunikasi PR dalam program CSR talent udjo. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan paradigma konstruktivisme. Kemudian, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi di lapangan. Data analisa yang akan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mendeskripsikan bahwa komunikasi public relations dalam program CSR talent udjo belum terlalu memperlihatkan implementasi dari seorang praktisi PR. Terciptanya program CSR talent udjo memiliki maksud sebagai bentuk kecintaannya terhadap pelestarian kebudayaan asal Jawa Barat yang terbuat dari bambu untuk memberdayakan masyarakat yang dipertahankan hingga saat ini agar terciptanya generasi-generasi anak bangsa yang semakin berkembang dengan prioritas anak putus sekolah. Komunikasi internal dan external yang diciptakan oleh public relations haruslah baik. Public relations dipercaya sebagai wajah bagi perusahaan dalam penerimaan tamu dan memberikan kesan ramah terhadap para pengunjung. Coffe morning diadakan sebagai evaluasi para divisi karyawan agar dapat menjalin hubungan lebih erat. @saungangklungudjo merupakan akun media sosial Instagram yang dimiliki oleh PT. Saung Angklung Udjo dalam mempromosikan dan menyebarkan informasi, namun dalam program CSR talent udjo masih menggunakan strategi mulut ke mulut dalam menarik anak-anak yang akan bergabung.
References
Abdillah, Pius dan Danu Prasetya. (2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Surabaya: Arloka.
Agung Setiawan, Maman Suherman. Implementasi CSR PT X dalam Membangun Ketahanan Pakan Ternak. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 21;33–40. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1955
Agustin, E. D. (2007). Implementasi Strategi Public Relations dalam Upaya Mempertahankan Citra Perusahaan pada Perseroan Terbatas (PT) Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember. Universitas Jember, Ilmu Sosial dan Politik. Jember: Repository Universtas Jember.
Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung: ARMICO
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka.
Bowen, Howard R. 1953. Social Responsibilities of the Businessman. New York: Harper & Brother
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (1962). Effective Public Relations. New York: Prentice-Hall.
Dahlan, S. M., & Chandra, I. (1993). Strategi membangun citra perbankan antipasi krisis. Jakarta: Institut Keuangan & Perbankan Indonesia.
Danial, E., & Wasriah, N. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
Diayu, H. (2022). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina Refenery Unit II pada Program Pertanian dan Perikanan Terpadu di Kelurahan Bukit Datuk Dumai. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Ilmu Komunikasi. Riau: Repository Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Eriyanto. (2009). Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT. LKIS Printing Cemerlang.
Fajar, Mukti (2010). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia: Studi tentang penerapan ketentuan CSR pada perusahaan multi nasional, swasta nasional & BUMN di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka PelajarGuba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1981). Effective evaluation: Improving the usefulness of evaluation results through responsive and naturalistic approaches.
Hadi, N. (2009). Social Responsibility: Kajian Theoretical Framework, dan Perannya dalam Riset di Bidang Akuntansi. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(8), 88-109.
Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hubies et. al, M. (2012). Komunikasi Profesional (Seperangkat Pengembangan Diri). IPB Press.
Indrawan, D. C. (2011). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Universitas Diponegoro, Ekonomi dan Bisnis. Semarang: Repository Universitas Dipeonegoro.
Iriantara, Y. (2004). Community Relations: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Jefkins, F. (1992). Public Relations Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Komariah, A., & Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Universitas Diponegoro, Ekonomi dan Bisnis. Semarang: Repository Universitas Diponegoro.
Lestari ID, Hernawati R. Kegiatan CSR dalam Meningkatkan Corporate Image. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 4;1–5. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/626
Masindo, Abdul Azis. 2018. “Strategi Public Relations DETIKCOM dalam Meningkatkan Brand Loyalty”. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Nurimani, Gina Shafira dan Indri Rachmawati. 2022. “Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian.” dalam Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK). Volume 2, Nomor 1, Tahun 2022 (54-58).
Pamunkas, M. I. (2016). Pendistribusian Dana Corporate Social Responsibility (CSR) di Cristal Indonesia Manajemen.
Patton, M. Q. (1987). Qualitative Research and Evaluation Methods. New York: SAGE Publishing.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rachmadi, F. (1992). Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rahmadi. (2011). pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Rahmawati, S. A., Setianti, Y., dan Lukman, S. 2019. “Strategi Marketing Public Relations Checo Café Resto”, dalam Jurnal Komunika : Komunikasi dan Informatika
Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rinaldy, Y. (2011). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kepemilikan Institutional pada Perusahaan Berkategori High-Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Universitas Diponegoro, Ekonomi dan Bisnis. Semarang: Repository Universitas Diponegoro.
Saidi, Z., & Abidin, H. (2004). Wacana dan Praktek Kedermawanan Sosial di Indonesia. Jakarta: Piramedia.
Setyaningrum, D. A. (2011). Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat (Studi Kasus pada PT. Apac Inti Corpora, Bawen). Universitas Diponegoro, Ekonomika dan Bisnis. Semarang: Repository Universitas Diponegoro.
Solomon, M. R. 2011. Consumer Behavior. Buying, Having and Being. New Jersey: Pearsonf Education, Inc.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto, E. (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Tjager, I. N., Alijoyo, F. A., Djemat, H. R., & Soembodo, B. (2003). Corporate Governance: Tantangan dan Kesempatan bagi Komunitas Bisnis Indonesia. Jakarta: PT Prenhallindo.
Untung, H. B. (2008). Corporate social responsibility. jakarta: Sinar Grafika.
West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisan dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.
Wida, S. (2017). Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada PT. Telkom Majapahit Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan, Ekonomi dan Bisnis Islam. Lampung: Repository Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Yulianita, N. (2012). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNISBA.
Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Media Group