Pengelolaan Media Sosial dalam Penyebaran Informasi oleh Humas Pemerintahan
Abstract
Abstract. In accordance with Presidential Instruction No. 9 of 2015 and PERMAN RB No. 83 of 2012, public relations for government agencies must convey public information through social media. Seeing this, Bandung City Public Relations tried to enforce the policy. Based on the statement above, it can be seen that the purpose of this research is to (1) describe the process of packaging information on government public relations social media; (2) Describe the management of social media by government public relations in loading information from the public; (3) Describe the management of institutional messages by government public relations with the public; (4) Analyze the need to build public opinion through social media. The subjects of this research are employees who are involved in social media management. This study uses a constructivist paradigm, qualitative methods, and The Circular Model for Social Communication. The results of this study are the process of packaging information on Bandung City Public Relations social media consisting of monitoring issues, agenda setting, production, and post-production. Regarding the loading of information from the public, Public Relations of the City of Bandung provides access for the people of the City of Bandung to provide information with a percentage of 20%. In managing institutional messages, Bandung City Public Relations coordinates with OPD, the manager of LAPOR! in 151 sub-districts and 30 sub-districts, and SKPD in Bandung City. Meanwhile, to build public opinion, Bandung City Public Relations partnered with 200 journalist.
Abstrak. Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 dan PERMAN RB No. 83 Tahun 2012, humas instansi pemerintahan harus menyampaikan informasi publik melalui media sosial. Melihat hal ini, Humas Kota Bandung mencoba untuk meemberlakukan kebijakan tersebut. Berdasarkan pernyataan di atas, dapat diketahui bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pengemasan informasi pada media sosial humas pemerintahan; (2) Mendeskripsikan pengelolaan media sosial oleh humas pemerintahan dalam memuat informasi dari publiknya; (3) Mendeskripsikan pengelolaan pesan lembaga oleh humas pemerintahan dengan publiknya; (4) Menganalisis diperlukannya membangun opini publik melalui media sosial. Subjek penelitian ini adalah pegawai yang terlibat dalam pengelolaan media sosial. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, metode kualitatif, dan The Circular Model for Social Communication. Hasil penelitian ini adalah proses pengemasan informasi pada media sosial Humas Kota Bandung terdiri dari monitoring isu, agenda setting, produksi, dan pascaproduksi. Terkait pemuatan informasi dari publiknya, Humas Kota Bandung memberikan akses bagi masyarakat Kota Bandung untuk memberikan informasinya dengan persentase sebesar 20%. Dalam pengelolaan pesan lembaga, Humas Kota Bandung berkoordinasi dengan OPD, pengelola LAPOR! di 151 kecamatan dan 30 kelurahan, dan SKPD Kota Bandung. Sedangkan, untuk membangun opini publik, Humas Kota Bandung bermitra dengan 200 wartawan.
References
Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial : Prespektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Fardiah, dkk. 2020. “Media Literacy For Dissemination Anticipated Fake News on Social Media”. MediaTor. Volume 13, Nomor 2, hal. 278-289
Pratiwi, Anak Agung Manik. 2021. “Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19”. Satyagraha. Volume 3, Nomor 2, hal. 73-81
Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: P2U-LPPM Unisba
Febriansyah dan Muksin. 2020. “Fenomena Media Sosial: Antara Hoax, Destruksi Demokrasi, dan Ancaman Disintegrasi Bangsa”. Sebatik. Volume 24, Nomor. 2, hal 193-200
Mudjiyanto dan Dunan. 2020. ”Media Mainstream Jadi Rujukan Media Sosial”. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa. Volume 1, Nomor. 1, hal 21-34
Dewi AR, Ahmadi D. Hubungan Terpaan Tweet “Twitter, Please Do Your Magic” dengan Sikap Remaja. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 4;6–13. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/639
Dunan, Amri. 2020. ”Komunikasi Pemerintahan di Era Digital : Hubungan Masyarakat dan Demokrasi”. Jurnal Pekommas. Volume 5, Nomor 1, hal 73-82
Priambodo. 2019. “Urgensi Literasi Media Sosial dalam Menangkal Ancaman Berita Hoax di Kalangan Remaja”. Jurnal Civic Hukum. Volume 4, Nomor. 2, hal 130-137
Hastrida, Andhini. 2021. ”Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah : Manfaat dan Risiko”. Jurnal Penelitian dan Komunikasi dan Opini Publik. Volume 25, Nomor. 2, hal 149-165
Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 371/KEP/M.KOMINFO/8/2007 Tentang Kode Etik Humas Pemerintahan. https://www.regulasip.id/book/3807/read. Tanggal akses 2 Februari 2023, pukul 15.10 WIB
Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Ramadani, Thoriq. 2022. The Government Public Relations Handbook : Panduan Praktis Humas Pemerintahan. Yogyakarta: Bintang Semesta Media
Ramadhan BR, Gartanti WT. Strategi Komunikasi Pemasaran Bengkel Kulit Melalui Instagram. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Jul 6;47–52. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/886
Sudrajat dan Abidin. 2018. “Strategi PR Pemerintah Kota bandung Mendukung Program Bandung Smart City”. Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat. Volume 3, Nomor. 4, hal 1-20
Putri dan Sutarjo. 2023. “Strategi Humas Pemerintahan Kota Bandung dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humas_bandung”. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). Volume 6, Nomor. 5, hal 3198-3205
Pramuningrum dan Ali. 2017. “Strategi City Branding Hums Pemerintah Kota Bandung sebagai Smart City melalui Program Smart Governance”. PROMEDIA. Volume 3, Nomor. 2, hal 162-182
Mahmudah dan Rahayu. 2020. “Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan”. Jurnal Komunikasi Nusantara. Volume 2, Nomor. 1, hal 1-9
Handar M. Penyusunan Program Ngapel oleh Iprahumas Indonesia. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;67–74. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1351
Soleh, dkk. 2020. “Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM”. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Volume 4, Nomor. 1, hal 430-436
Rinaldi dan Hernawati. 2019. “Aktivitas Digital PR Humas Kota Bandung sebagai Media Informasi dan Publikasi”. Prosiding Hubungan Masyarakat. Volume 5, Nomor. 2, hal 162-170
Ulum dan Suryani. 2021. “Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Gamplong”. JMPKP : Jurnal Manajemen Publik & Kebiijakan Publik. Volume 3, Nomor. 1, hal 14-224.
Handayani dan Nur. 2019. “Implementasi Good Governance di Indonesia”. Publica : Jurnal Pemikiran Administrasi Negara. Volume 11, Nomor. 1, hal 1-11
Alkatiri, dkk. 2020. “Opini Publik Terhadap Penerapan New Normal di Media Sosial Twitter”. CoverAge: Journal of Strategic Communication. Volume 11, Nomor. 1, hal-19-26
Afkarina, Nur Izza. 2018. “Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendidikan”. Jurnal Idaaarah. Volume 2, Nomor. 1, hal 50-63