Kegiatan Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan di Era Pandemi Covid-19
Studi Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus Mengenai Kegiatan Public Relations Bumi Pancasona Sport Club
Abstract
Abstract. When the Covid-19 pandemic occurred, an independent company engaged in the sports sector, namely Bumi Pancasona Sport Club, experienced a significant decrease in visitors due to a crisis of consumer confidence which affected the company's image. This study aims to describe Bumi Pancasona Sport Club's public relations activities in maintaining the company's image in the era of the co-19 pandemic. The method used is qualitative with a case study approach. This study uses data collection techniques through interviews, observation, literature review and documentation. The results of the study show that, 1) Communication built by PR Bumi Pancasona in maintaining the company's image in the era of the Covid-19 pandemic, namely by conducting external communications and communication, 2) Internal PR activities in maintaining the company's image in the era of the Covid-19 pandemic, namely by carrying out research on government policies, hold internal meetings, evaluate every activity that has been carried out and give awards for employee performance, 3) External PR activities in maintaining the company's image in the era of the Covid-19 pandemic, namely by holding promotions, 4) The reason for Bumi Pancasona is only use Instagram social media to publish all forms of information to the public in maintaining the company's image in the era of the co-19 pandemic because they view Instagram as an effective and efficient media, apart from that Instagram also tends to be more loved by young people and adults.
Abstrak. Ketika pandemi covid-19 terjadi, perusahaan independen yang bergerak dalam sektor olahraga yaitu Bumi Pancasona Sport Club mengalami penurunan pengunjung secara signifikan akibat terjadinya krisis kepercayaan konsumen yang berimbas pada citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan public relations Bumi Pancasona Sport Club dalam mempertahankan citra perusahaan di era pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kajian pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Komunikasi yang dibangun oleh PR Bumi Pancasona dalam mempertahankan citra perusahaan di era pandemi covid-19 yaitu dengan melakukan komunikasi dan komunikasi eksternal, 2) Kegiatan internal PR dalam mempertahankan citra perusahaan di era pandemi covid-19 yaitu dengan melakukan research mengenai kebijakan pemerintah, mengadakan internal meeting, mengadakan evaluasi setiap kegiatan yang telah dilaksanakan dan memberikan penghargaan atas prestasi kerja karyawan, 3) Kegiatan eksternal PR dalam mempertahankan citra perusahaan di era pandemi covid-19 yaitu dengan mengadakan promosi, 4) Alasan Bumi Pancasona hanya menggunakan media sosial Instagram untuk mempublikasikan segala bentuk informasi kepada publik dalam mempertahankan citra perusahaan di era pandemi covid-19 karena mereka memandang bahwa Instagram sebagai media yang efektif dan efisien, selain itu Instagram juga cenderung lebih digandrungi oleh anak muda dan orang dewasa.
References
Corrylia Almira Rahma Raissa, Ahmadi D. Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;59–66. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1087
Effendy, Onong Uchjana. 1999. “Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Halaman 98.
Effendy, Onong Uchjana. 1993. “Human Relations dan Public Relations”. Jakarta: Mandar Maju. Halaman 53.
Handar M. Penyusunan Program Ngapel oleh Iprahumas Indonesia. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;67–74. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1351
Hidayanti, Layla. 2020. “Aktivitas Public Relations Karibia Boutique Hotel Medan”. Skripsi. Medan: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Iriantara, Yosal. 2004. “Manajemen Strategis Public Relations”. Jakarta: Ghalia Indonesia. Halaman 116.
Jefkins, Frank. 1992. “Public Relations”. Jakarta: Erlangga. Halaman 9.
Kent, M. L. (2013). Using social media dialogically: Public relations role in reviving democracy. Public Relations Review, 39(4), 337–345.
Kriyantono, Rachmat. 2006. “Teknik Praktis Riset Komunikasi”. Jakarta: Kencana. Halaman 173-174.
Kriyantono, Rachmat. 2014. “Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal”. Jakarta: Kencana. Halaman 209-210.
Nasution MAR, Hendrasmo. Identifikasi Permasalahan Komunikasi Publik Masyarakat Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19. J Ris Public Relations [Internet]. 2022 Dec 20;85–92. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1353
Pratiwi, Heppy Atma. 2011. “Peranan Humas Dalam Membentuk Citra Positif Perguruan Tinggi”. Jurnal Universitas I ndraprasta PGRI. Vol. 3, No. 01.
Pribadi, Bagus. Dkk. 2023. “Strategi Public Relations Perusahaan dalam Mempertahankan Citra di Era New Normal (Studi Deskriptif pada GraPARI Telkom Grup Dinoyo Surabaya)”. Jurnal Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Vol. 1, No. 01.
Purwanti, Angel. Andy. 2021. “Fasilitator Komunikasi Salah Satu Peran Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Di Media Sosial Pada Era New Normal”. Jurnal Universitas Putera Batam. Vol. 3, No. 1.
Ruliana, Poppy dan Puji Lestari. 2019. “Teori Komunikasi”. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Halaman 37.
Riswari, Citra dan Widiarto, Didik. 2020. “Pemanfaatan Instagram Oleh Akun @Jelajahblitar Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 1, No. 1.
Setiawan, Erik. 2022. “Analisis Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Citra di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Universitas Islam Bandung. Vol. 2, No. 1.
Susanti, Emillia. 2014. “Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Organisasi”. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. Vol. 2, No. 2.
Vidian Maulana, M. Fachri. 2022. “Pengelolaan Instagram Sebagai Media Promosi Pariwisata (Studi Pada Akun Instagram @jelajahblitar)”. Skripsi. Malang: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang.
Wasesa, Silih Agung. 2005. “Strategi Public Relations”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Halaman 153.