Komunikasi Pemasaran Produk Kasur di Media Sosial Tiktok
Abstract
A
Abstract. The development of technology and information that occurs in the present makes a lot of changes. In today's society, it is very easy to do activities without having to meet directly or face-to-face. One of the proofs that occur from the development of technology and information is in marketing activities. Social media is a new media that provides facilities to carry out all activities anytime and anywhere, so that social media becomes a platform used to carry out marketing activities. Marketing communication is a very important aspect in the success of economic activities, one of which is in marketing activities. The purpose of this research is to determine the application of marketing communications carried out by the INTHEBOX brand on TikTok social media, through the use of the Live Streaming feature in the TikTok application. This research uses qualitative methodology case study approach with IMC (Integrated Marketing Communication) theory. This research collecting data by observation, interviews and documentation.
Abstrak. Perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi di masa sekarang membuat banyak perubahan. Di masa sekarang masyarakat sangat mudah untuk melakukan aktivitas tanpa harus bertemu secara langsung atau tatap muka. Salah satu bukti yang terjadi dari perkembangan teknologi dan informasi yaitu pada kegiatan pemasaran. Media sosial merupakan media baru yang menyediakan fasilitas untuk melakukan segala aktivitas kapan pun dan dimana pun, sehingga media sosial menjadi sebuah media yang digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran. Komunikasi pemasaran menjadi aspek yang sangat penting dalam keberhasilan kegiatan ekonomi, salah satunya yaitu dalam kegiatan pemasaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan brand INTHEBOX di media sosial TikTok, melalui pemanfaatan fitur Live Streaming yang ada di aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif pendekatan studi kasus dengan teori IMC (Integrated Marketing Comunication). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
References
DeVito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia (alih bahasa: Ir. AgusMaulana M.S.M.). Tangerang: Karisma Publishing Group.
Dhifan, M Arif dan Ani Yuningsih. 2022. Penerapan Komunikasi Antarpribadi Barista Contou Coffee Bandung Dengan Konsumen dalam Membangun Brand Value. 2(2), 342-349.
Kiki, Diah Perwita. 2012. Analisis Customer Relation Kopi Espreso Bar Di Yogyakarta Dalam Meningkatkan Dan Mempertahankan Konsumen. Skripsi. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Alfabeta.
Suranto, AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yin, Robert, K. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Amadea IP, Hernawati R. Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 18;69–76. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2049
Rafii Muhammad Ris Zikrullah, Oji Kurniadi. Telegram sebagai Media Pemasaran di Era Pandemi. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 21;25–32. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1954
Irsyad Nugraha Ritonga, Muhammad.E.Fuady. Strategi Pengelolaan Konten Morgy Coffee. J Ris Public Relations [Internet]. 2023 Jul 18;15–24. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/1829