Strategi Komunikasi KPID JABAR dalam Mensosialisasikan P3SPS pada Radio Siaran

  • adrian permana putra Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Nova Yuliati Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: strategi komunikasi, komisi penyiaran indonesia daerah (KPID) Jawa Barat, Radio siaran

Abstract

Abstract. The West Java KPID itself has the task of overseeing content broadcasts in West Java broadcasting institutions, including radio broadcasts in Bandung. West Java KPID has two strategies to carry out the first supervision, namely, directly monitoring broadcasts that are on broadcasting institutions, so the West Java KPID has monitoring staff who they listen to the radio and watch television every day, if they have one violations that arise in connection with broadcasting laws and regulate broadcasting behavior as well as broadcast program standards found by monitoring officers, the two West Java KPIDs also received complaints from the community, with various means of communication in the West Java KPID, from start telephone, come in person, correspondence, website and social media. Things This was carried out by the West Java KPID to supervise existing radio broadcasts in West Java, especially in the city of Bandung. 

The aim of the research is to determine the strengths factor weaknesses, opportunities, threats West Java KPID communication strategy on radio broadcasts in the city of Bandung. Method descriptive research with qualitative data with data collection techniques interviews with informants, limited observation, and literature studies.

Keywords Communication Strategy, Regional Indonesian Broadcasting Commission (KPID) West Java, Broadcast Radio.

 

 

Abstrak. KPID Jawa Barat sendiri mempunyai tugas untuk mengawasi konten siaran yang ada di lembaga penyiaran Jabar, termasuk radio-radio siaran yang ada di Kota Bandung. KPID Jawa Barat mempunyai dua strategi untuk melakukan pengawasan yang pertama yaitu, memantau langsung konten siaran yang ada di lembaga penyiaran, jadi KPID Jabar mempunyai tenaga pemantau yang kesehariannya mereka mendengarkan radio dan menonton televisi, bila terdapat pelanggaran-pelanggaran yang muncul terkait dengan undang-undang penyiaran dan pedoman perilaku penyiaran serta standar program siaran maka akan ditemukan oleh tenaga pemantau, kedua KPID Jabar pun menerima pengaduan dari masyarakat, dengan berbagai sarana komunikasi yang ada di KPID Jabar,dari mulai telepon ,datang langsung, surat-menyurat, website dan media sosial. Hal-hal tersebut dilakukan oleh KPID Jabar untuk mengawasi radio-radio siaran yang ada di Jawa Barat khususnya di Kota Bandung.

Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor kekuatan (strengths), faktor kelemahan (weakness), faktor peluang (opportunity), faktor ancaman (threats) strategi komunikasi KPID Jabar pada radio-radio siaran di Kota Bandung. Metode penelitian deskriftif dengan data kualitatif dengan teknik pengambilan data wawancara dengan narasumber, observasi terbatas, dan studi kepustakaan.

Published
2023-01-29