Strategi PR dalam Mengedukasi Klien Mengenai Sistem Big Data

Studi Kasus pada PR PT. Kazee Digital Indonesia dalam Mengedukasi Klien Mengenai Sistem Big Data kepada PR Konvensional

  • Jihan Rifkaviani Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • M.E. Fuady Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Marketing Public Relations, Educations, Big Data

Abstract

Abstract. PT. Kazee Digital Indonesia is a technology-based company engaged in data analytics that helps companies to grow and develop through business transformation through the use of Big Data and Artificial Intelligence technology. Lack of knowledge of big data, making PR PT. Kazee Digital Indonesia through its Marketing Public Relations strategy creates educational programs aimed at the public. Educational activities carried out by PR PT. Kazee Digital Indonesia is to introduce clients to the importance of big data. The purpose of this study is to identify and analyze the plans implemented and implemented by PR PT. Kazee Digital Indonesia to educate clients on big data analysis. The research method in this study uses a case study approach using the theory Whalen's 7 Steps. Then, the data sources were obtained through interviews, observation, documentation and literature study. Data analysis will be carried out using data reduction analysis techniques, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the Marketing Public Relations strategy in the educational activities of PT. Kazee Digital Indonesia is carried out by analyzing the situation, setting goals, defining targets, creating messages, identifying tactics and evaluating with the help of media monitoring.

Abstrak. PT. Kazee Digital Indonesia merupakan perusahaan berbasis teknologi yang bergerak di bidang data analyticsyang membantu perusahaan-perusahaan untuk tumbuh dan berkembang melalui transformasi bisnis melalui pemanfaatan solusi teknologi Big Data dan Artificial Intelligence. Kurangnya pengetahuan akan big data, membuat PR PT. Kazee Digital Indonesia melalui strategi Marketing Public Relationsnya membuat program edukasi yang ditujukkan untuk masyarakat. Kegiatan edukasi yang dilakukan PR PT. Kazee Digital Indonesia ini adalah untuk memperkenalkan klien akan pentingnya big data. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan yang diterapkan dan diimplementasikan oleh PR PT. Kazee Digital Indonesia untuk mengedukasi analisis big data pada klien. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan menggunakan teori strategi Whalen’s 7 Step. Kemudian, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta  studi kepustakaan. Data analisa yang akan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing Public Relations dalam kegiatan edukasi PT. Kazee Digital Indonesia dilakukan dengan analisis situasi, penetapan tujuan, mendefinisikan target, membuat pesan, mengidentifikasi taktik serta evaluasian dengan bantuan media monitoring.

Published
2023-01-29