Implemantasi Model Corporate Social Responsibility (CSR) the PII pada PT Pertamina EP Asset 3 Cirebon

  • Tiara Sandra Vinaka Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Maman Suherman Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Analisis Program, The PII model

Abstract

 

Abstract.More and more companies are implementing CSR programs, because CSR is one of the obligations of a company to carry out social responsibility. This research includes Preparation, Implementation, Impact with the aim of knowing the impact of CSR activities based on the CSR PII mode, the results of the research show that PT Pertamina EP Asset 3 Cirebon carries out a CSR program that focuses on activities with community empowerment, especially those with an environmental perspective and empowerment. Ideally, the program adheres to SROI, by determining the intended target, implementing CSR is an important matter by way of social mapping. CSR can also help if the company has skewed issues that occur in society, capacity building activities can make employees work more consistently so that it affects company performance, and can have an impact on companies and society that, CSR is able to reduce risks and inappropriate accusations so as to strengthen good relations between the company and the community. This study uses a quantitative method with a descriptive study approach. By using data collection techniques interviews, observations, literature and documentation. The thing studied is regarding the analysis of the implementation of the Corporate Social Responsibility (CSR) program at PT Pertamina EP Asset 3 Cirebon with reference to the PII (Preparation, Implementation, Impact) model with the theory used, namely the theory of Corporate Social Responsibility (CSR).

Abstrak.Semakin banyak perusahaan yang melaksanaan program CSR, sebab CSR menjadi salah satu kewajiban suatu perusahaan untuk melakukan tanggung jawab sosial. Penelitian ini meliputi Preparation, Implementation, Impact dengan tujuan untuk mengetahui impact dari kegiatan CSR berdasarkan pada mode CSR PII, hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pertamina EP Asset 3 Cirebon melakukan program CSR yang menitik beratkan kegiatan dengan pemberdayaan masyarakat terutama yang berwawasan lingkungan dan pemberdayaan. Dengan idealnya program berpaku kepada SROI, dengan menentukan sasaran yang dituju, untuk melaksanakan CSR itu merupakan hal penting dengan cara social mapping. CSR juga dapat membantu apabila perusahaan memiliki isu miring yang terjadi di masyarakat, kegiatan peningkatan kapasitas dapat membuat karyawan bekerja lebih konsisten sehingga berpengaruh atas kinerja perusahaan, serta dapat memperoleh dampak bagi perusahaan maupun masyarakat bahwa, CSR mampu mengurangi risiko dan tuduhan yang tidak pantas sehingga mempererat hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hal yang diteliti adalah mengenai analisis pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Pertamina EP Asset 3 Cirebon dengan merujuk pada model PII (Preparation, Implementation, Impact) dengan teori yang digunakan yaitu teori Corporate Social Responsibility (CSR).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Semakin banyak perusahaan yang melaksanaan program CSR, sebab CSR menjadi salah satu kewajiban suatu perusahaan untuk melakukan tanggung jawab sosial. Penelitian ini meliputi Preparation, Implementation, Impact  dengan tujuan untuk mengetahui impact dari kegiatan CSR berdasarkan pada mode CSR PII, hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pertamina EP Asset 3 Cirebon melakukan program CSR yang menitik beratkan kegiatan dengan pemberdayaan masyarakat terutama yang berwawasan lingkungan dan pemberdayaan. Dengan idealnya program berpaku kepada SROI, dengan menentukan sasaran yang dituju, untuk melaksanakan CSR itu merupakan hal penting dengan cara social mapping. CSR juga dapat membantu apabila perusahaan memiliki isu miring yang terjadi di masyarakat, kegiatan peningkatan kapasitas dapat membuat karyawan bekerja lebih konsisten sehingga berpengaruh atas kinerja perusahaan, serta dapat memperoleh dampak bagi perusahaan maupun masyarakat bahwa, CSR mampu mengurangi risiko dan tuduhan yang tidak pantas sehingga mempererat hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hal yang diteliti adalah mengenai analisis pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Pertamina EP Asset 3 Cirebon dengan merujuk pada model PII (Preparation, Implementation, Impact) dengan teori yang digunakan yaitu teori Corporate Social Responsibility (CSR).

 

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Analisis Program, The PII model

 

 

Published
2023-01-29