Aktivitas Komunitas Sepeda dalam Gerakan Membangun Budaya Bersepeda di Kota Bandung

  • Arya Rivandra Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Mohamad Subur Drajat Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Aktivitas Komunitas, Komunikasi, Budaya Bersepeda

Abstract

Abstract. This study aims to see the activities of the bicycle community in the city
of Bandung in the campaign to build a cycling culture. Cycling culture refers to a
habit of using bicycle transportation in their daily lives, there are still many cyclists
who are still not orderly in traffic. The presence of Forkom Bandung Raya is an
alternative forum in carrying out activities regarding the movement to build a
cycling culture in the city of Bandung. This study looks at the communication side
of the community who are members of the Forkom Bandung Raya. The grand
theory for this research is social interaction, the interaction here is behavior that is
carried out in groups, so that it has an influence on the environment in accordance
with the goals to be achieved. The method used in this research is a qualitative
method, with a case study approach. Data collection techniques used are interviews,
observation. The informants in this study were the management of the Bandung
Raya Forkom and several leaders of the bicycle community. The results of this
study indicate that there are several factors that support the process of campaign
activities by Forkom Bandung Raya together with the bicycle community in the city
of Bandung. Collaborative activities, both in the planning process and in the
implementation of campaign activities, focus on delivering educational messages
related to the cycling movement and building a culture of orderly cycling, both to
bicycle users and to the wider community, especially in the city of Bandung.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas komunitas sepeda di Kota
Bandung dalam kampanye membangun budaya bersepeda. Budaya bersepeda
merujuk pada sebuah kebiasaan untuk menggunakan transportasi sepeda dalam
kesehariannya, masih banyak pesepeda yang masih belum tertib dalam berlalu
lintas. Hadirnya Forkom Bandung Raya sebuah forum dalam melakukan aktivitas
mengenai gerakan membangun budaya bersepeda di Kota Bandung. Penelitian ini
melihat sisi komunikasi yang dilakukan oleh komunitas yang tergabung dalam
Forkom Bandung Raya. Teori yang menjadi pijakan dalam penelitian ialah interaksi
sosial, interaksi disini perilaku yang dilakukan secara berkelompok, sehingga
memberikan pengaruh bagi lingkungannya sesuai dengan tujuan yang hendak
dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif,
dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi. Yang menjadi informan pada penelitian ini Kepengurusan
Forkom Bandung Raya dan beberapa ketua komunitas sepeda. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa terdapat bebrapa faktor yang menjadi pendukung dalam proses
kegiatan kampanye oleh Forkom Bandung Raya bersamaan dengan komunitas
sepeda di Kota Bandung. Kegiatan kolaborasi baik itu pada proses perencanaan dan
pada pelaksanaan kegiatan kampanye ini berfokus pada penyampaian pesan edukasi
terkait dengan gerakan bersepeda dan membangun budaya tertib bersepeda baik itu
kepada para pengguna sepeda maupun kepada masyarakat luas khusnya di Kota
Bandung.

Published
2023-01-27