Hubungan antara Komunikasi Peruasif Clarissa di Instagram dengan Loyalitas Pelanggan

(Studi Korelasional Hubungan antara Komunikasi Persuasif dengan Loyalitas Pelanggan pada Akun Instagram @Clarissaputri_ tentang Produk Yellow Fit Kitchen)

  • Tita Rahmayadi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Ani Yuningsih Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: @Clarissaputri_, Yellow Fit Kitchen, AIDDA

Abstract

Abstract.  Culinary business people need to have a strategy to maintain customer loyalty, one of these strategies is persuasive communication. Persuasive communication by influencers who have influence on their followers (Followers) can attract and create a desire to do the same thing that is done by the program's program. Instagram is a social media that is being loved by the community as a digital promotional medium. Based on data from Napoleon Cat, there were 92.53 million Instagram users in Indonesia in the fourth quarter of 2021, the number obtained proved to be an increase of 3.9 million, an increase of 4.37% compared to the previous quarter of 88.65 million users. Researchers conducted a study on Clarissa Beauty Vlogger, who weighed 145 kg and was successful on a diet accompanied by diet food products from the Yellow Fit Kitchen. The formulation of the problem in this study is how big is the relationship between persuasive communication and customer loyalty on the Instagram account @Clarissaputri_ about Yellow Fit Kitchen products. The purpose of this study is to analyze and discuss the AIDDA dimensions (Attention, Interest, Desire, Decision, and Action) of persuasive communication via Instagram with customer loyalty. Researchers used Simple Random Sampling quantitative approach to correlational studies. The results showed that there was a significant coefficient between Clarissa's persuasive communication and customer loyalty with a strong interpretation and a correlation coefficient of R=0.639. The attention dimension has the strongest correlation with customer loyalty. This means that Clarissa has a strong appeal in persuasive communication.

Abstrak. Pebisnis kuliner perlu memiliki strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, salah satu strategi tersebut ialah  komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif yang dilakukan influencer yang memiliki pengaruh terhadap pengikutnya (Followers) dapat menarik dan menimbulkan keinginan untuk melakukan hal yang sama dilakukan oleh selebgramnya. Instagram merupakan media sosial yang tengah digandrungi masyarakat sebagai media promosi digital. Berdasarkan data dari Napoleon Cat terdapat 92,53 juta pengguna Instagram di Indonesia pada kuartal IV-2021 jumlah yang didapatkan terbukti bertambah 3,9 juta atau naik sebesar 4,37% dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 88,65 juta pengguna. Peneliti melakukan penelitian terhadap Clarissa beauty vlogger yang memiliki berat badan 145 kg dan berhasil melakukan diet yang diiringi dengan produk makanan diet dari Yellow Fit Kitchen. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Seberapa besar Hubungan antara Komunikasi persuasif dengan Loyalitas Pelanggan pada akun instagram @Clarissaputri_  tentang produk Yellow Fit Kitchen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas  terkait dimensi AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, dan Action) dari komunikasi persuasif melalui instagram dengan loyalitas pelanggan. Peneliti menggunakan Simple Random Sampling  pendekatan kuantitatif studi korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat koefisien signifikan antara komunikasi persuasif Clarissa dengan loyalitas pelanggan dengan interpretasi kuat dan koefisien korelasi R=0,639. Dimensi attention memiliki korelasi yang paling kuat dengan loyalitas pelanggan. Artinya Clarissa memilki daya tarik yang kuat dalam melakukan komunikasi persuasif.

Published
2023-01-28