Strategi Marketing Public Relation melalui Media Online dalam Mempromosikan Produk Helipad.id

  • Ivan Agara Ivan Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Indri Rachmawati Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Promotin, Media Online, Media Social

Abstract

Abstract.Marketing Public Relations is a planned activity and a continuous effort to strengthen and develop goodwill and mutual understanding between an organization and the public. Helipad.id is a fashion business in the city of Bandung which was founded in 2019. Having many fashion categories, fashionable designs, and high quality makes Helipad.id a local Indonesian brand that deserves thumbs up. This study aims to look further at the product promotion strategy carried out by Helipad.id through online media as part of Marketing Public Relations (MPR). The research method used is qualitative with a case study approach. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and documentation. The research results obtained are First, the online media used by Helipad.id are Tokopedia, Shopee, Lazada, Instagram, and Tiktok. Second, using online media to promote Helipad.id products are about strengthening brand identity and awareness. Third, the use of Helipad.id social media in the context of product promotion focuses on the Instagram application. Instagram @helipad.id uses the caption & hashtag features (#hlpd, #weirdworld, and #OOTDBarengHlpd) and uploads images/videos every day integrated with Facebook and maximizes promotional strategies (promotion-mix) on Instagram and all e-commerce owned through an advertising promotion strategy focused on online media. In addition, sales promotion strategies were also used in the form of coupons/discounts, outfit of the day (OOTD) contest prizes, as well as holding endorsements with several fashion content creators.

Abstrak.Marketing Public Relation adalah suatu kegiatan yang terencana dan suatu usaha yang terus menerus untuk dapat memantapkan dan mengembangkan itikad baik (good will) dan pengertian yang timbal balik (mutual understanding) antara suatu organisasi dengan masyarakat. Helipad.id merupakan salah satu usaha fashion di Kota Bandung yang berdiri sejak tahun 2019. Mempunyai banyak kategori fashion, desain yang fashionable, serta berkualitas tinggi, menjadikan Helipad.id sebagai salah satu brand lokalIndonesia yang patut diacungi jempol. Penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih jauh bagaimana strategi promosi produk yang dilakukan oleh Helipad.id melalui media online sebagai bagian dari Marketing Public Relations (MPR). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pedekatan penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat yaitu Pertama, media online yang digunakan oleh Helipad.id adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, Instagram dan Tiktok. Kedua, pemanfaatan media online dalam promosi produk Helipad.id adalah untuk membangun brand identity serta brand awareness. Ketiga, pemanfaatan media sosial Helipad.id dalam rangka promosi produk berfokus pada aplikasi Instagram. Instagram @helipad.id menggunakan fitur caption & hastag (#hlpd, #weirdworld, dan #OOTDBarengHlpd) serta melakukan aktivitas upload gambar/video setiap hari yang terintegrasi dengan Facebook dan memaksimalkan strategi promosi (promotion-mix) pada Instagram serta semua e- commerce yang dimiliki melalui strategi promosi periklanan yang difokuskan pada media online. Selain itu, digunakan pula strategi promosi penjualan dalam berbentuk kupon/diskon, hadiah kontes outfit of the day (OOTD), serta mengadakan endorsement dengan beberapa content creator fashion.

Published
2023-01-29