Peran Media Sosial Instagram dalam Membentuk Self Image

  • Reina Fauzi Lestari Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Neni Yulianita Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Instagram, Self image, Selebgram

Abstract

Abstract. Social activities carried out on social media can be formed to create self-image. celebgram Nadhia did the same thing by making Instagram a place for self-image. The purpose of this study is to find meaning,  the front stage which always presents itself as an influencer to share diet tips, food recipes or do preloved and back stage Nadhia herself becomes a child and student figure, and also wants to know what Instagram social media looks like. visualize. Informants in the study, namely Nadhia as an influencer in the city of Bandung, M Raihan as a friend of Nadhia, Ika Ayu Nuraini and Andez Harrera who have been followers since 2 years ago. This research method is qualitative through a dramaturgy approach. With the concept of dramaturgy role play someone will get its own meaning. In this study, researchers conducted indirect observation, documentation, and literature study as data collection techniques. The results of the study show that self-image awareness is very influential on self-confidence to foster a good self-image. The front and back sides of a person's stage are not always contradictory, requiring careful preparation to maximize the actors on the front stage. In visualization there is always a meaning shared by actors which contains motivational and persuasive messages on the Instagram account @nadhiass. .

 

Abstrak. Kegiatan sosial yang yang dilakukan di media sosial dapat dibentuk untuk membuat self image. hal yang sama juga dilakukan oleh selebgram Nadhia menjadikan Instagram sebagai wadah pembentukan self image. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menemukan makna,  front stage yang selalu menampilkan dirinya sebagai influencer untuk membagikan tips-tips diet, resep makanan ataupun melakukan preloved dan back stage Nadhia sendiri menjadi figur anak dan mahasiswi, dan juga ingin mengetahui tampilan media sosial Instagram yang di visualisasikan.Informan pada penelitian ini, yaitu Nadhia sebagai nfluencer di Kota Bandung, M Raihan sebagai sahabat dari Nadhia, Ika Ayu Nuraini dan Andez Harrera yang merupakan followers Nadhia semenjak 2 tahun lalu. Metode penelitian ini adalah kualitatif melalui pendekatan dramaturgi. Dengan konsep dramaturgi role play seseorang akan mendapatkan makna tersendiri. Pada penelitian ini, peneliti melakukan observasi secara tidak langsung, dokumentasi, dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran citra diri sangat berpengaruh pada kepercayaan diri untuk menumbuhkan citra diri yang baik. Sisi panggung depan dan belakang seseornag tidaklah selalu bertolak belakang, membutuhkan persiapan yang matang untuk memaksimalkan aktor pada panggung depan. Pada visualisasi selalu ada makna yang di bagikan oleh aktor yang berisikan pesan motivasi dan bersifat persuasif pada akun Instagram @nadhiass. 

Published
2023-01-27