Manajemenin Krisis PR PT Eigrindo Multi Produk Industri dalam Memulihkan Citra Perusahaan

  • Divya Rizky Kirana Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Neni Yulianita Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Pendekatan Komunikasi, Identifikasi Krisis, Pemanfaatan Media

Abstract

Abstract. A company will not escape the crisis. Both large and small companies, at a certain time, must have experienced a crisis. In dealing with a crisis, a company or agency requires the role of PR to overcome the crisis that occurs as well as carry out proper crisis management so that the crisis can be resolved properly. The communication crisis that occurs can affect the company's image. As a result, the company will lose trust in the eyes of the community and other stakeholders. In this study will be discussed "PR Crisis Management PT. Eigerindo Multi Industrial Products in Restoring Company Image (Case Study on Youtuber Dian Widyanarko). The purpose of this study is to analyze how crisis management is carried out by PR PT. Eigerindo as well as analyzing the causes of the communication crisis and what approach was taken to find the company's image. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The subjects of this study consisted of three people who were key informants of PR PT. Eigerindo and two supporting informants, namely consumers of Eiger products and Twitter netizens who were involved in the Eiger issue with Youtuber Dian Widyanarko. Data collection techniques used are in-depth interviews, observation, documentation and literature study. Data analysis techniques are data reduction, data presentation and conclusions. This research is expected to result in how the implementation of crisis management is carried out by a PR so that the company's image can be recovered effectively.

Keywords: Crisis Management, Communication Approach, Crisis Identification, Media Use, Cause of Communication Crisis

 Abstrak. Sebuah perusahaan tidak akan bisa lepas dari krisis. Baik perusahaan besar maupun kecil, dalam suatu waktu tertentu pasti pernah mengalami krisis. Dalam menghadapi kriris, sebuah perusahaan atau instansi memerlukan peran PR atau humas untuk menjalankan mengatasi krisis yang terjadi hongga melakukan manajamen kriris yang tepat sehingga krisis dapat teratasi dengan biak. Krisis komunikasi yang terjadi dapat berpengaruh terhadap citra perusahaan. Dampaknya perusahaan akan kehilangan kepercayaan dimata masyarakat maupun stakeholder lainnya. Dalam penelitian ini akan dibahas “Manajemen Kriris PR PT. Eigerindo Multi Produk Industri dalam Memulihkan Citra Perusahaan (Studi Kasus pada Youtuber Dian Widyanarko). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana manajemen krisis yang dilakukan oleh PR PT. Eigerindo serta menganalisis penyebab terjadinya krisis komunikasi dan pendekatan seperti apa yang dilakukan dengan tujuan untuk memulihkan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang yang merupakan informan kunci PR PT. Eigerindo serta dua informan pendukung yaitu konsumen produk Eiger dan netizen Twitter yang terlibat dalam isu Eiger bersama Youtuber Dian Widyanarko. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Penelitian ini diharapkan akan menghasilkan bagaimana pelaksanaan manajemen krisis yang efektif oleh seorang PR agar citra perusahaan dapat kembali pulih.    

Kata Kunci : Pendekatan Komunikasi, Identifikasi Krisis, Pemanfaatan Media, Penyebab Krisis Komunikasi

 

Published
2023-01-27