Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Memperbaiki Citra Perusahaan

Studi Kasus pada PT Eigerindo Multi Produk Indsutri Pasca “Surat Keberatan”

  • Muhammad Fadhil Public Relations, Ilmu Komunikasi
  • Dadan Mulyana Hubungan Masyarakat/Public Relations Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Media Sosial, Instagram, Citra Perusahaan, PT Eigerindo MPI, Studi Kasus

Abstract

Abstract. Social media is the fruit of technology that seems like almost all people in the world have it. Through social media, we can connect with all people around the world, be it through chat, voice call, or video call, which allows us to come face to face virtually with anyone and from anywhere using certain social media. Instagram is one of the most popular social media. As of May 2020, according to Napoleoncat, the number of Instagram users in the country reached 69,270,000 accounts. There is an increase from the previous 65,780,000 accounts in April 2020. With this number, it means that Instagram users in Indonesia in May 2020, accounted for 25.3 percent of the entire population. Apart from communicating, Instagram social media can also be used to improve the company's image. This is proven by the use of Instagram social media by PT Eigerindo MPI in January-February 2021 which received a "Letter of Objection" case and generated controversy. However, by making good use of Instagram social media, PT Eigerindo MPI was able to improve its corporate image. Researchers are interested in examining this by using qualitative methods with a case study approach. The results of the research prove that Instagram social media has proven to be able to improve the image of PT Eigerindo MPI through its content on IGTV and have a positive impact on various parties.

Keywords: Social Media, Instagram, Corporate Image, PT Eigerindo MPI, Case Study

Abstrak. Media sosial merupakan buah dari teknologi yang sepertinya hampir seluruh manusia di dunia ini memilikinya. Melalui media sosial, kita bisa terkoneksi dengan semua orang di seluruh penjuru dunia baik itu melalui chat, voice call, atau pun video call yang membuat kita bisa saling bertattap muka secara virtual dengan siapa pun dan dari mana pun dengan menggunakan media sosial tertentu. Instagram adalah salah satu media sosial paling banyak digemari. Hingga bulan Mei 2020, menurut Napoleoncat, jumlah pengguna Instagram di tanah air mencapai 69.270.000 akun. Ada kenaikan dari sebelumnya 65.780.000 akun di bulan April 2020. Dengan jumlah tersebut, artinya pengguna Instagram di Indonesia pada Mei 2020, menyumbang 25,3 persen dari seluruh populasi. Selain untuk berkomunikasi, media sosial Instagram juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki citra perusahaan. Terbukti dengan adanya pemanfaatan media sosial Instagram oleh PT Eigerindo MPI pada bulan Januari-Februari 2021 yang mendapatkan kasus “Surat Keberatan” dan menuai kontroversi. Namun, dengan memanfaatkan media sosial Instagram dengan baik, PT Eigerindo MPI mampu memperbaiki citra perusahaannya. Peneliti tertarik untuk meneliti hal ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian membuktikan bahwa media sosial Instagram terbukti dapat memperbaiki citra PT Eigerindo MPI melalui kontennya di IGTV dan memberikan dampak yang positif bagi berbagai pihak.

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Citra Perusahaan, PT Eigerindo MPI, Studi Kasus

Published
2022-08-22