Hubungan Menonton Iklan Bukalapak di Youtube dengan Minat Mahasiswa Cianjur Berbelanja Online

  • Bilqis Salsabila Dianti Universitas Islam Bandung
  • M. Subur Drajat Universitas Islam Bandung
Keywords: iklan, minat konsumen

Abstract

Abstract. Technological developments are growing and helping communities to get information easily including the distribution of business information. Technology affects the media to disseminate information, and at present media development depends on the changing of a society's active approach to the Internet as one of the most popular communication technologies. This is promoted by business people to make it easier for customers to do their shopping. Online shopping is trending these days. In promoting sales, businesses use communication technologies to introduce their products, making it easy to introduce the products to the public. The muc is one of the companies that USES advertisements to introduce the products of the MUSES with interesting and funny advertising studies. The goal of this study is to find out about the relationship of watching mud-ass youtube ads with the interest of university advocates online. The benefits of the study are to inform companies about effective media delivery and to provide feedback to advertising practitioners in producing ads that are appropriate to the public, thus promoting consumer interest. The method of research used is quantitative work with a quantitative data collection technique using a corelational quantitative approach. The data is compiled through the distribution of the questionnaire's angket by using Google form, observation, library lists and interviews that the angket distribution data will then be analyzed and processed using version SPSS software. 22. Distribution of the angkette corresponds with the sample which is 96 respondents taken with the electrical technique irandom samplingi. On the validity and reliability test of questions for distribution of angkettes is valid and reliable. the result in this study was a significant and powerful connection between watching Bukalapak advertising nego cincai version with Cianjur students shopping online.

Abstrak. Perkembangan teknologi semakin berkembang dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi secara mudah termasuk penyebaran informasi yang bersifat bisnis. Teknologi mempengaruhi media massa untuk menyebarkan informasi, dan saat ini perkembangan media massa bergantung pada pergantian style hidup masyarakat yang cenderung aktif dalam menggunakan internet sebagai salah satu teknologi komunikasi yang paling disukai. Hal ini dimafaatlkan oleh para pelaku bisnis untuk memudahkan konsumen dalam melakuka berbelanja. Berbelanja online sudah menjadi tren saat ini. Dalam meningkatkan penjualan, pelaku bisnis memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memperkenalkan produknya, sehingga mudah memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Bukalapak merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan iklan untuk memperkenalkan produk yang ada di Bukalapak dengan kajian iklan yang lucu dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan menonton iklan Bukalapak di youtube dengan minat mahasiswa Cianjur berbelanja online. Manfaat penelitian ini untuk memberikan informasi kepada perusahaan untuk menilai media yang efektif dalam penyampaian pesan dan untuk memberikan masukan untuk para praktisi periklanan dalam menghasilkan iklan yang sesuai dimata publik, sehingga bisa menaikkan minat konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasionnal. Data dihimpun melalui penyebaran angket kuesioner dengan menggunakan google form, observasi, daftar pustaka dan wawancara yang kemudian data hasil penyebaran angket dianalisis dan diolah menggunakan software SPSS versi 22. Penyebaran angket sesuai dengan sampel yaitu 96 responden yang diambil dengan teknik Proportinate Strafied Random Sampling. Pada uji validitas dan uji reliabilitas pertanyaan untuk penyebaran angket dapat dikatakan valid dan reliable. Hasil pada penelitian ini adanya hubungan yang signifikan dan kuat antara menonton iklan bukalapak versi nego cincai dengan minat mahasiswa Cianjur berbelanja online.

Published
2021-12-07