Strategi Customer Engagement pada Bisnis UMKM

Studi Kasus Pada In Out Coffee, Cakung

  • Avirley Nursyafa Ilmu Komunikasi
  • Riza Hernawati Universitas Islam Bandung
Keywords: Customer Engagement, Strategi Komunikasi, UMKM

Abstract

Abstract. Customer Engagement behaviors have emerged as an influential concept in marketing and refer to the driving force behind the motivation to realize consumer behavior towards companies. In a dynamic and interactive business environment, the role of Customer Engagement creates experiences and value that enhance business people. The Customer Engagement strategy is indirectly supported by consumers because Customer Engagement plays an important role in improving the relationship between the company and its consumers. The purpose of this study is to determine the Customer Engagement strategy used by MSME businesses. The object of the research was In Out Coffee, Cakung. The research method used in this research is a case study with a qualitative approach. Collecting data using structured interviews, participatory observation, and documentation. There were five informants in this study. Presentation of research using triangulation of data collection using transcription, data reduction, and analysis of concluding with the logic of deductive understanding. It was found that interaction and creativity helped In Out Coffee's Customer Engagement strategy. It can be stated that the communication strategy through Customer Engagement has been successful.

Abstrak. Perilaku Customer Engagement telah muncul sebagai konsep yang berpengaruh dalam pemasaran dan mengacu pada kekuatan pendorong di balik motivasi untuk mewujudkan perilaku konsumen terhadap perusahaan. Dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan interaktif, peran Customer Engagement menciptakan pengalaman dan nilai yang meningkatkan pelaku bisnis. Strategi Customer Engagement secara tidak langsung didukung oleh konsumen karena Customer Engagement berperan penting dalam meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan konsumennya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Customer Engagement yang digunakan oleh pelaku usaha UMKM. Objek penelitian dilakukan pada In Out Coffee, Cakung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima informan. Penyajian penelitian menggunakan triangulasi pengumpulan data menggunakan transkripsi, reduksi data, dan analisis kesimpulan dengan logika pemahaman deduktif. Ditemukan bahwa interaktif dan kreativitas membantu strategi Customer Engagement yang dilakukan oleh In Out Coffee. Dapat dinyatakan bahwa strategi komunikasi melalui Customer Engagement telah berhasil.

Published
2022-07-29