Manajemen Reputasi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Barat

  • Arief Rachman Lumban Batu Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat
  • Ani Yuningsih Hubungan Masyarakat
Keywords: Manajemen Public relations reputasi umkm

Abstract

Abstract. The function of management, especially public relations, is to build and maintain good relations between the company and other institutions or the community. In addition, to create a brand image of the company, in order to provide a positive image and be able to resolve the crisis experienced by the company. Public relations is responsible for predicting threats and finding solutions so the company's reputation can be maintained properly. Action oriented to social responsibility is CSR (Corporate Social Responsibility). In this study, the author looks at how the Bank Indonesia West Java Representative Office conducts MSME Assistance as a Reputation Management Activity. This research is a qualitative approach in the form of a case study with a sampling technique that is in accordance with predetermined criteria. Based on the results, MSME assistance is one of the important pillars in Bank Indonesia's social program where this program is same as CSR for private companies. MSME assistance is one of the programs promoted by Bank Indonesia because it is continuous with the function of Bank Indonesia, namely maintaining the stability of the foreign exchange economy and monetary policy. In the research, it is known that good MSME financial management will affect program performance in the field which can have an impact on Bank Indonesia's reputation. The program can be managed properly through Planning, Organizing, Actuating and Controlling which refers to aspects that support the growth of reputation at Bank Indonesia. There are also obstacles that come from the resistance of MSMEs themselves.

Keywords: Management, Public Relations, Reputation, MSME.

Abstrak. Fungsi manajemen, terutama public relation adalah untuk membangun dan melestarikan hubungan baik antara perusahaan dengan lembaga lainnya atau masyarakat. Selain itu, untuk menciptakan brand image perusahaan, agar meberikan citra positif dan dapat menyelesaikan krisis yang dialami oleh perusahaan. Public relations bertanggung jawab untuk memprediksi ancaman serta menemukan solusiĀ  agar reputasi perusahaan dapat terjaga dengan baik. Tindakan yang berorientasi pada tanggung jawab sosial adalah CSR (Corporate Social Responsibility). Pada penelitian ini, penulis melihat bagaimana Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat melakukan Pendampingan UMKM sebagai Kegiatan Manejemen Reputasi. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif berbentuk studi kasus dengan teknik pengambilan sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian, pendampingan UMKM menjadi salah satu pilar penting dalam Program sosial Bank Indonesia dimana program ini sama dengan CSR untuk perusahaan Private. Pendampingan UMKM menjadi salah satu program yang di usung oleh Bank Indonesia karena berkesinambungan dengan fungsi Bank Indonesia yaitu menjaga kestabilan ekonomi devisa dan kebijakan moneter. Dalam penelitian, diketahui bahwa pengelolaan keuangan UMKM yang baik akan berpengaruh terhadap kenerja program di lapangan yang dapat memberikan dampak terhadap reputasi Bank Indonesia. Program dapat dikelola dengan baik melalui Planning, Organizing, Actuating dan Controlling yang merujuk pada aspek-aspek yang menunjang tumbuhnya reputasi di Bank Indonesia. Adapula hambatan yang berasal dari resistensi UMKM itu sendiri.

Kata Kunci: Manajemen, Public Relations, Reputasi, UMKM.

Published
2022-08-22