Strategi Brand Repositioning Pietro Coffee di Masa Pandemi Covid-19

  • Muhammad Yusfriza Setia Wibawa Riza Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Maman Chatamallah Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Perusahaan, Brand, Instagram

Abstract

Abstract. Companies in the midst of the covid-19 pandemic has resulted in changes in the pattern of life and activities that are very large and making impacts on the companies’ aspects. This makes companies had to be adjusting to new habits that were different from usual. The company's brand in the midst of the covid-19 pandemic situation is one of the most important aspects and identities to show credibility inherent in public. Position of the brand becomes important among consumers by showing the characteristics and superior values offered by the company with a product in a high value compared to another competitors. The company's goal of carrying out a positioning strategy is to create a competitive advantage and to survive during a pandemic to maintain the advantages that have been previously achieved and to make products that are better than competitors that can provide more value for consumers. In the digital era like in the present time, repositioning a brand in a state of the covid-19 pandemic is a very supportive thing to do as a place to build and strengthen of brand. Social media platforms that support brand repositioning is Instagram, as Instagram has a big influence on business development with various interesting and more specific features and unique characteristics that are easy to use. A brand repositioning strategy is a good step in trying to position the brand in the eyes of costumers. This strategy consists of all the moves and approaches taken by the company to attract consumers, withstand competitive pressures and improve position during pandemi covid-19 The contents that are provided are informative and educative which is accessible by the audience in the form of feeds posts packed with eye-catching visual designs.

Abstrak. Perusahaan ditengah pandemi covid-19 telah mengakibatkan perubahan pola kehidupan dan aktivitas yang sangat besar serta berdampak terhadap aspek perusahaan. Hal itu membuat perusahaan harus beradaptasi dengan kebiasaan baru yang sebelumnya berbeda daripada biasanya. Brand suatu perusahaan ditengah kondisi pandemi covid-19 ini menjadi salah satu aspek dan identitas yang sangat penting untuk menunjukan kredibilitasnya agar melekat di kalangan umum. Posisi sebuah merk menjadi hal yang penting di kalangan umum dengan menunjukan karakteristik dan nilai-nilai keunggulan yang ditawarkan oleh perusahaan dengan produknya dalam nilai yang tinggi daripada pesaing lainnya. Tujuan perusahaan melakukan strategi positioning untuk menciptakan keunggukan kompetitif dan mampu bertahan di tengah adanya pandemi dalam mempertahankan keunggulan yang sudah di raih sebelumnya serta membuat produk yang baik daripada merk pesaing lainnya. Di era digital seperti sekarang melakukan brand repositioning dalam kondisi pandemi covid-19 merupakan suatu hal yang sangat mendukung untuk dilakukan sebagai langkah membangun, memperkuat dan memperkokoh brand. Platform media sosial yang mendukung untuk brand repositioning adalah instagram karena instagram memberikan pengaruh besar dalam perkembangan usaha dengan berbagai fitur yang menarik dan lebih spesifik. Strategi brand repositioning menjadi langkah yang baik untuk memposisikan brand di benak audiens dengan tujuan untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan. Strategi ini terdiri dari semua pergerakan dan pendekatan yang diambil oleh perusahaan untuk menarik daya tarik pembeli, menahan tekanan persaingan, dan memperbaiki posisinya di masa pandemi covid-19. Strategi brand repositioning yang dilakukan Pietro Coffee berupa program El Fact melalui konten media sosial Instagram sebagai informatif dan edukatif yang bisa dibaca oleh audiens dalam berbentuk postingan feeds yang dikemas dengan design visual.

Published
2022-07-29