Pola Komunikasi Vertikal Antar Etnik di Perusahaan Indonesian Oil Palm Research Institute

  • Chika Salsabilla Kusumah Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Ani Yuningsih Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Pola Komunikasi Vertikal, Komunikasi Antar Etnik, Interaksi Simbolik

Abstract

Abstract. Indonesian Oil Palm Research is a multi-national company that has employees from various ethnic groups from different regions. The diversity of ethnic cultures makes the Indonesian Oil Palm Research company strive to be able to adapt to these cultures. Vertical communication between superiors and subordinates in Indonesian Oil Palm Research is important to study because the communication takes place in conditions of ethnic and cultural differences. This study uses a qualitative research method with a symbolic interaction study approach. Data collection techniques used in this study were in-depth interviews and literature. The result of this research is that verbal communication is more widely used than nonverbal communication. Many terms from the local language are used in the company and agreed to be understood by all. The equation of meaning and perception is formed in the daily activities carried out at the Indonesian Oil Palm Research company such as having breakfast and lunch together, having casual discussions and eating together after work. The use of formal and informal communication will adjust according to the situation. Meetings and data collusions must use formal communication. Breaks and meals together will use informal communication.

Abstrak. Indonesian Oil Palm Research merupakan perusahaan multi nasional yang memiliki karyawan dari berbagai macam suku dari daerah berbeda. Keberagaman suku budaya menjadikan perusahaan Indonesian Oil Palm Research berupaya untuk bisa beradaptasi dengan budaya-budaya tersebut. Komunikasi vertikal antara atasan dan bawahan di Indonesian Oil Palm Research menjadi hal penting untuk diteliti karena komunikasinya berlangsung dalam kondisi perbedaan suku dan budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan kepustakaan.  Hasi dari penelitian ini adalah   komunikasi verbal yang lebih banyak digunakan dibandingkan komunikasi nonverbal. Banyak istilah-istilah dari bahasa daerah yang digunakan dalam perusahaan dan disepakati untuk dipahami oleh bersama. Penyamaan makna dan persepsi dibentuk dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan di perushaan Indonesian Oil Palm Research seperti makan pagi dan siang bersama, berdiskusi santai dan makan bersama sepulang kerja. Penggunaan komunikasi formal dan informal akan menyesuaikan sesuai situasi. Rapat dan kologium data pasti menggunakan komunikasi formal. Jam istirahat dan makan bersama akan menggunakan komunikasi informal.

Published
2022-07-29