Pengaruh Brand Ambassador Twice terhadap Minat Beli

  • Sherlina Rachmadiane Praditia Public Relation
  • Neni Yulianita Public Relation
Keywords: Keunggulan, Kekuatan, Keunikan

Abstract

Abstract. The development of the beauty business in Indonesia has created a competition between skincare. In its competition, each company certainly has its marketing. One marketing that is considered effective in attracting consumer buying interest is by presenting a brand ambassador. In terms of Public Relations, brand ambassadors are used to improve the company's product image (brand image). This research focuses on brand image and buying interest because there are more and more extensive discussions, with the research subject of Scarlett Whitening fans in the comments column on the Instagram account @scarlett_whitening on October 16, 2021. This study is entitled The Effect of Brand Ambassador Twice as a Brand Image Scarlett Whitening by Felicia Angelista on Consumer Buying Interest. The purpose of this study is to understand, examine, analyze, and discuss the effect of favorability, strength, and uniqueness of brand ambassador as a brand image Scarlett Whitening by Felicia Angelista on consumer buying interest. The type of research used by the researcher is quantitative with a quantitative approach through the influence test and simple linear regression test as a statistical test calculation. The results in this study state that brand image has a positive influence on consumer buying interest, with favorability sub-variables strength which do not have a positive effect (with sig. 0.429), and uniqueness sub- variables which positive effect (with sig. 0.000) on consumer buying interest Scarlett Whitening. However, overall, brand ambassadors are one of the company's efforts to improve brand image that can affect consumer buying interest.

Abstrak. Perkembangan bisnis kecantikan di Indonesia, menjadikan ajang persaingan antar perusahaan skincare. Dalam persaingannya, masing-masing perusahaan tentu memiliki strategi marketing tersendiri. Salah satu strategi marketing yang dirasa ampuh dalam menarik minat beli konsumen adalah dengan menghadirkan brand ambassador. Dari sisi Public Relations, brand ambassador digunakan dalam meningkatkan citra produk (brand image) perusahaan. Penelitian ini fokus dalam brand image dan minat beli karena lebih banyak dan lebih luas pembahasannya, dengan subjek penelitian penggemar Scarlett Whitening pada kolom komentar di akun Instagram @scarlett_whitening tanggal 16 Oktober 2021. Penelitian ini berjudul Pengaruh Brand Ambassador Twice sebagai Brand Image Scarlett Whitening by Felicia Angelista terhadap Minat Beli Konsumen. Tujuan penelitian ini untuk memahami, mengkaji, menganalisis, dan membahas pengaruh antara keunggulan, kekuatan, dan keunikan brand ambassador Twice sebagai brand image Scarlett Whitening by Felicia Angelista terhadap minat beli konsumen. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif melalui uji pengaruh serta uji regresi linier sederhana sebagai perhitungan uji statistik. Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa brand image memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen, dengan sub variabel keunggulan yang tidak berpengaruh positif (dengan sig. 0,161), sub variabel kekuatan yang tidak berpengaruh positif (dengan sig. 0,429), dan sub variabel keunikan yang berpengaruh positif (dengan sig. 0,000) terhadap minat beli konsumen Scarlett Whitening. Namun, secara keseluruhan, brand ambassador merupakan salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan brand image yang dapat berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

Published
2022-07-29