Aktivitas Komunikasi Toko Bakmie Feng dengan Konsumen

(Studi Kasus Mengenai Aktivitas Komunikasi yang Dilakukan Manajemen Toko Bakmie Feng Dengan Konsumen)

  • Naomi Ramadhenisa Hanimelya Ilmu Komunikasi, Public Relations
  • M. Subur Drajat Prodi Public Relations
Keywords: Aktivitas Konsumen, Komunikasi, Konsumen

Abstract

Abstract. Communication is the main thing that humans do every day. Communication activities in a business aim to attract consumers, provide information on a product to maintain the company's image. The purpose of this research is to find out the communication activities carried out by the Bakmie Feng Store with its consumers, as an effort in managing the Brand image that is carried out, the Bakmie Feng Store provides a "sakti card" in the form of a stamp marking each consumer buying a Bakmie Feng shop, with a minimum of ten times stamp, consumers can get a free portion of noodles. This research is a field research, namely research conducted by observing an event in a scientific situation. While data collection is done by observation, interviews and documentation. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The research location is at the Bakmie Feng shop, Tjihapit Market, Bandung. The results of the study found the following findings, namely: 1) Bakmie Feng shop used social media as the main marketing medium. 2) The brand image of Bakmie Feng Store as halal Chinese noodles is consistent and attractive in the eyes of consumers. 3) the services provided are communicative and prioritize customer satisfaction.

Abstrak. Komunikasi merupakan hal utama yang dilakukan manusia setiap harinya. Aktivitas komunikasi dalam suatu bisnis bertujuan untuk menarik konsumen, memberikan informasi suatu produk sampai mempertahankan citra perusahaan.Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh Toko Bakmie Feng dengan konsumennya, sebagai usaha dalam pengelolaan Brand image yang dilakukan, Toko Bakmie Feng memberikan “kartu sakti” berupa satu cap penanda setiap konsumen membeli Toko Bakmie Feng, dengan minimal sepuluh kali cap, konsumen bisa mendapatkan gratis satu porsi bakmi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan pengamatan tentang suatu kejadian dalam suatu keadaan ilmiah. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Lokasi penelitian bertempat di kedai Toko Bakmie Feng, Pasar Tjihapit Bandung. Hasil penelitian menemukan temuan sebagai berikut yakni: 1) Toko Bakmie Feng menggunakan media sosial sebagai media pemasaran utama. 2) citra merek Toko Bakmie Feng sebagai bakmie Chinese halal terbilang konsisten dan menarik di mata konsumen. 3) pelayanan yang diberikan bersifat komunikatif dan mengutamakan kepuasan konsumen.

Published
2022-07-29