Implementasi Teknik Negosiasi PT Fugo Creative Group

  • Muhtar Fadillah ILMU KOMUNIKASI, HUBUNGAN MASYARAKAT
  • Dr. Maman S Fakultas Ilmu Komunikasi Prodi Hubungan Masyarakat
Keywords: Implementasi Negosiasi, Tahapan Negosiasi, Teknik membangun kesepakatan

Abstract

Abstrak. Implementasi teknik negosiasi PT. Fugo Creative, merupakan Perusahaan Jasa yang bergerak di bidang Jasa Kreatif di kota Bandung, dalam menjalankan usahanya PT Fugo Creative Group tentunya mengalami strugle bernegosiasi dengan kliennya, yang kerap terjadi yaitu negosiasi perihal harga, design yang di inginkan seperti apa, iklan ads yang ditayangkan yang diinginkan berapa dan banyak lagi. Namun dibalik semua itu PT Fugo Creative mempunyai daya tarik tersendiri sehingga dapat bekerjasama dengan banyak Instansi dan UMKM semua itu diimbangi dengan meningkatkan kepuasaan klien PT.Fugo menerapkan strategi SPANCOP yaitu Suspect Prospect Approach Negosiasi Closing Order Payment.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa  proses teknik negosiasi melakukan beberapa tahapan dalam mencapai kesepakatan untuk mendapatan kepercayaan terlebih dahulu terhadap klien agar terbentuk sebuah ikatan emosional agar terciptanya tujuan yang dicapai. Membangun kesepakatan dilakukan membuat kontrak perjanjian dengan membubuhi jangka waktu, harga dan spesifikasi apa yang diberikan. Sedangkan teknik untuk mengatasi hambatan kegiatan negosiasi PT.FUGO Creative Group yaitu, dengan melakukan Analisis terhadap produk, produk knowledge dan memperkuat analisa market saat bernegosiasi.

Abstract. Fugo Creative is a service company engaged in Creative Services in the city of Bandung, in running a business PT Fugo Creative Group of course experiences a struggle to negotiate with its clients, which often happens, namely price negotiations, what kind of design you want, how many advertisements you want and how many advertisements you want. much more. But all of that PT Fugo Creative has its own charm so that it can reach many agencies and MSMEs by increasing client satisfaction. PT. Fugo implements the SPANCOP strategy, namely the Suspect Prospect Approach to Closing Order Payment negotiations.From the results of this study it was found that the process of negotiation techniques carried out several stages in reaching an agreement to gain trust in the client first in order to form an emotional bond in order to create the achieved goals. Building an agreement is done by making a contract agreement by affixing the time period, price and what specifications are provided. Meanwhile, the technique for overcoming the barriers to negotiation activities of PT. FUGO Creative Group is by conducting product analysis, product knowledge and strengthening market analysis when negotiating.

Published
2022-07-29