Manajemen Krisis Objek Wisata Sari Ater dalam menghadapi Pandemi Covid-19

  • Nurhayati Ilmu Komunikasi
  • Sophia Novita Ilmu Komunikasi
Keywords: Krisis Wisatawan, Covid-19, Pariwisata

Abstract

Abstract. Tourism is one of the largest contributors to the country's foreign exchange. Tourism is also an activity that people do to fill their spare time. West Java is a province that is rich in tourist attractions, one of which is Sari Ater. Sari Ater is a popular tourist destination in West Java. Sari Ater is a tourist spot for natural hot spring baths and other facilities such as resorts, restaurants, white water rafting and others. In 2020 there was an outbreak of an infectious disease called the corona virus or Covid-19. The pandemic that occurred in various countries had a negative impact on all aspects, including tourism. resulted in a crisis experienced by tourism actors Sari Ater did not expect. The closure and the current situation resulted in a decrease in tourist visits to Sari Ater which also affected other aspects. This research was conducted to find out how Sari Crisis Management After facing the Covid-19 Pandemic. The research method used is a case study. Data collection techniques in this study are interviews, observation, literature study and documentation. The result of this research is that the crisis management carried out by Sari Ater includes three stages, namely: the Emergency Response Stage, the Recovery Stage and the Normalization Stage. In this case, Public Relations has a role, namely to publish promotional programs that have been designed through social media, as well as to socialize with agencies related to the company and carry out CSR programs.

Abstrak. Pariwisata menjadi salah satu sektor penyumbang terbesar bagi devisa negara. Pariwisata juga menjadi aktivitas yang dilakukan orang-orang untuk mengisi waktu luang. Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang kaya akan tempat wisata salah satunya Sari Ater. Sari Ater menjadi wisata populer di Jawa Barat. Sari Ater merupakan tempat wisata berendam air panas alami serta fasilitas lainnya seperti resort, restoran, rafting dan yang lainnya. Pada tahun 2020 muncul sebuah wabah penyakit menular yang disebut corona virus atau Covid-19. Pandemi yang terjadi di berbagai negara ini membawa dampak negatif terhadap segala aspek termasuk pariwisata. Akibatnya terjadi krisis yang dialami pelaku wisata tak terkecuali Sari Ater. Penutupan serta pembatasan yang berlaku menjadikan turunnya kunjungan wisatawan terhadap Sari Ater yang berakibat pula kepada aspek lainnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Krisis Sari Ater menghadapi Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi . Hasil dari penelitian ini adalah manajemen krisis yang dilakukan oleh Sari Ater meliputi tiga tahap yaitu : Tahap Tanggap Darurat, Tahap Pemulihan dan Tahap Normalisasi. Dalam hal ini Humas memiliki peran yaitu mempublikasikan program promosi yang telah dirancang melalui media sosial, serta melakukan sosialisasi komunikasi dengan instansi-intansi terkait perusahaan serta melakukan program CSR.

Published
2022-07-28