Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Informasi
Abstract
Abstract. Urban 106.3 FM Bandung utilizes Instagram social media as a medium of information throught the @urbanbandung Instagram account. The rapid development of the media today is assisted by the existence of technology which has recently influenced various things. The presence of social media is used to make it easier for someone to exchange information, communicate and other activities. Therefor, Urban Radio makes good use of Instagram’s social media through the content it presents. This study aims to find out how to plan, interact, chracteristics and also the reasons for using social media Instagram Urban 106.3 FM Bandung. The theory in this research is Martini’s New Media Theory. This research method uses constructivism paradigm, wualitative method with case study approach. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that content planning on Instagram Urban Radio Bandung begins with determining a major theme, seeking information and then creating a content planner. After that, the content is packaged and shared on Instagram social media. Then, how to build interaction with followers through Instagram content, namely by sharing content such as Sundanese dictionary memes that bridge an interaction and create and share content that relates to the people of Bandung. With the various content they have, Urban Radio Bandung has its own characteristics of content which is really Bandung, where the content provided is packaged according to the atmosphere of the Bandung people. Then, the reason why Urban Radio Bandung uses Instagram as its information medium is because Instagram is still the most widely used social media by most people, has a wide reach, is easy to advertise, is easy to manage the existing community, and has a positive impact. large and has complete features in it making it easier to use.
Abstrak. Urban 106.3 FM Bandung memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media informasinya melalui akun Instagram @urbanbandung. Pesatnya perkembangan media saat ini dibantu dengan adanya teknologi yang membuat akhir-akhir ini mempengaruhi berbagai hal. Hadirnya media sosial ini, digunakan agar mempermudah seorang untuk bertukar informasi, berkomunikasi dan kegiatan lainnya. Maka dari itu Urban Radio memanfaatkan media sosial Instagram dengan baik melalui konten yang disajikannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, interaksi, karakteristik dan juga alasan menggunakan media sosial Instagram Urban 106.3 FM Bandung. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu New Media Theory dari Martini. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan paradigma konstruktivisme, metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan konten di instagram Urban Radio Bandung diawali dengan menentukan tema besar, mencari informasi lalu membuat content planner. Setelah itu, konten dikemas dan dibagikan ke dalam media sosial instagram. Lalu, cara membangun interaksi dengan pengikut melalui konten instagram yaitu dengan cara membagikan konten seperti meme kamus Sunda yang menjadi jembatan suatu interaksi serta membuat dan membagikan konten yang relate sama orang Bandung. Dengan adanya berbagai konten yang dimiliki, Urban Radio Bandung memiliki karakteristik kontennya sendiri yang Bandung banget, dimana konten yang diberikan dikemas sesuai suasana orang Bandung. Lalu, alas an Urban Radio Bandung menggunakan instagram sebagai media informasinya karena instagram sampai saat ini masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang, memiliki jangkauan yang luas, mudah untuk melakukan iklan, mudah untuk memanage komunitas yang ada, adanya dampak positif yang besar dan memiliki fitur yang legkap didalamnya menjadikan lebih mudah untuk digunakan.