Strategi Komunikasi Bisnis BritCham Indonesia dalam Mewadahi Kerjasama Perdagangan Bilateral Inggris dan Indonesia

(Studi Deskriptif Data Kualitatif pada BritCham Business Centre melalui Business Support Services)

  • Dena Rizky Syahira Fakultas Ilmu Komunikasi, Public Relations
  • Tresna Wiwitan
Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Bisnis, Kerjasama Perdagangan Bilateral

Abstract

Abstract. Indonesia is a country that has a lot of natural wealth but still needs help from other countries to be able to develop optimally, therefore, Indonesia cooperates with other countries, one of which is the UK. This bilateral trade cooperation relationship between the UK and Indonesia encourages researchers to conduct research on "BritCham Indonesia's Business Communication Strategy in Accommodating UK and Indonesia Bilateral Trade Cooperation". The purpose of this research is to determine the business communication strategy based on the business communication variable according to Rossenbalt which is used by BritCham Indonesia in facilitating the British-Indonesian bilateral trade cooperation. This research uses a descriptive qualitative data study method with the data obtained as primary data based on the results of interviews and observations and descriptive studies for secondary data compiled qualitatively. The results of this study explain that BritCham Indonesia through the BritCham Business Center provides Business Support Services as a forum for British and Indonesian bilateral trade cooperation which is carried out as a business communication strategy using the context of interpersonal communication, organizational communication, group communication and mass communication to accommodate and assist clients in achieving goals. This results in significant effects such as being a bridge between companies that have foreign language barriers, increasing company profits and acting as a facilitator in business match-making.

Abstrak. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kekayaan alam namun masih memerlukan bantuan dari negara lain untuk dapat berkembang secara maksimal, maka, Indonesia melakukan kerjasama dengan negara lainnya, salah satunya dengan Inggris. Hubungan kerjasama perdagangan bilateral Inggris dan Indonesia ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai “Strategi Komunikasi Bisnis BritCham Indonesia dalam Mewadahi Kerjasama Perdagangan Bilateral Inggris dan Indonesia”. Tujuan dari penelitan ini adalah mengetahui strategi komunikasi bisnis berdasarkan variabel komunikasi bisnis menurut Rossenbalt yang digunakan oleh BritCham Indonesia dalam mewadahi kerjasama perdangangan bilateral Inggris-Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif data kualitatif dengan data yang diperoleh merupakan data primer berdasarkan hasil wawancara serta observasi dan studi deskriptif untuk data sekunder yang disusun secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa BritCham Indonesia melalui BritCham Business Centre memberikan Business Support Services sebagai wadah kerjasama perdagangan bilateral Inggris dan Indonesia yang dijalankan sebagai strategi komunikasi bisnis dengan menggunakan konteks komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi kelompok dan komunikasi massa guna mewadahi dan membantu client dalam mencapai tujuan. Hal tersebut menghasilkan efek yang signifikan seperti menjadi jembatan antara perusahaan yang memiliki kendala dalam berbahasa asing, meningkatkan keuntungan perusahaan dan sebagai fasilitator dalam business match-making.

Published
2022-07-28