Hubungan Efektivitas Program CSR dengan Citra Perusahaan di Masyarakat

  • Fuad Zeinnuri Fajri Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Mohamad Subur Drajat Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: CSR, Efektivitas Program, Citra Perusahaan

Abstract

Abstract. CSR programs have become one of the company's main strategies in improving the company's image. CSR programs are also a form of responsibility in carrying out operations that utilize natural resources and adverse impacts on the community around the company. As regulated in Law Number 40 of 2007 concerning Limited Liability Companies in article 74 regulates the company's responsibility with the social and environmental environment as a result of the implementation of company activities. This study aims to determine how effective PT Multi Nitrotama Kimia's CSR program is in building a positive image of the company in the community. This research uses a quantitative approach with a correlational study method. The theory of this research uses social interaction theory, Program Effectiveness Theory and Image. The population in this study are people who are participants and receive benefits from PT Multi Nitrotama Kimia's CSR program in the empowered academy program, which is 40 people by taking 100% of the population to be sampled as many as 40 respondents. This study uses data collection techniques by distributing questionnaires (questionnaires). Then tested the validity of reliability and reliability to determine the results of the study and by conducting data analysis techniques infresial collerational analysis. The results of this study The results showed that there was a relationship between the effectiveness of PT Multi Nitrotama Kimia's CSR program (X) and Peru's image.

Abstrak. Program CSR sudah menjadi salah satu strategi utama perusahaan dalam meningkatkan citra perusahaan. Program CSR juga sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjalankan operasionalnya yang memanfaatkan sumber daya alam dan dampak buruk terhadap masyarakat sekitar perusahaan. Sebagaimana yang telah di atur dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pada pasal 74 mengatur tanggung jawab perusahaan dengan lingkungan sosial dan lingkungan hidup akibat dari pelaksanaan kegiatan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif program CSR PT Multi Nitrotama Kimia dalam membangun citra positif perusahaan di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi korelasional. Teori penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial, Teori Efektivitas Program dan Citra. Populasi dalam penelitian ini masyarakat yang menjadi peserta dan menerima manfaat dari program CSR PT Multi Nitrotama Kimia pada program akademi berdaya, yaitu sebanyak 40 orang dengan mengambil 100% jumlah populasi untuk dijadikan sampel sebanyak 40 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner (angket). Kemudian diuji validalitas reabilitas dan reabilitas untuk mengetahui hasil penelitian dan dengan melakukan teknik analisis data infresial analisis kolerasional. Hasil dari penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Efektivitas Program CSR PT Multi Nitrotama Kimia (X) dengan Citra Perusahaan (Y) di masyarakat, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,675 dan signifikansi sebesar 0,000, yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut.

References

Faizi, A. A. (2019). Interaksi sosial dalam membangun akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Melathen Tulungagung (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tulungagung.

Heraman, D. P. (2022). Efektivitas program transaksi non tunai sebagai alat pembayaran Commuter Line (KRL) selama masa pandemi di Stasiun Bekasi (Skripsi). Universitas Nasional, Jakarta.

Ilyas, E. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3747

Kurnianti, A. W., & Ascharisa. (2020). Hubungan intercultural sensitivity dengan efektivitas komunikasi dalam mencegah bullying di SMA Taruna Nusantara Magelang. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 42-49.

Megantari, dkk. (2019). Corporate social responsibility, di antara kewajiban atau kebutuhan? Dalam Jurnal Komunikasi dan Multikulturalisme di Era Disrupsi: Tantangan dan Peluang.

Meidina, H. P., dkk. (2020). Pembentukan citra sebagai penunjang pembangunan zona integritas (Studi kasus pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang). Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 25(2).

Pujiati, S. (n.d.). Good governance dan partisipasi stakeholder dalam tata kelola anggaran pendapatan dan belanja sekolah (APBS) di SMA Islam Sultan Agung 02 Jepara (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Kudus, Kudus.

Rahayu, R. (2022). Pengaruh pemahaman program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) terhadap keberdayaan anggota (Survei pada peserta bantuan sosial wanita rawan sosial ekonomi Kecamatan Garut Kota Dinas Sosial Kabupaten Garut Tahun 2020-2021) (Skripsi). Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.

Santi Nailul Izaty, & Rohmad Abidin. (2024). Analisis Media Monitoring Merek Uniqlo dengan Brand24 Pada Bulan Mei 2024. Jurnal Riset Public Relations, 137–148. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i2.4435

Sitepu, E. S., & Faulina. (2011). Profesional public relations. USU Press.

Sultoni, M. H. (2020). Corporate social responsibility (Kajian korelasi program CSR terhadap citra perusahaan). Duta Media Publishing.

"10 Kesalahan Umum yang Terjadi dalam Praktik CSR." (n.d.). Dampak Sosial. https://dampaksosial.id/insight/10-kesalahan-umum-yang-terjadi-dalam-praktik-csr/ (Diakses 12 Juni 2024, pk. 07.30 WIB).

Published
2025-01-30