Strategi Marketing Media Sosial Kampanye Niion.Id

  • Raden Zakky Zainal Muttaqien Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Indri Rachmawati Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kampanye Digital, Niion.id, Kampanye Friends and Family

Abstract

Abstract. The purpose of this research is to find out the marketing strategy of social media campaigns at PT Niion Indonesia Utama (Niion.id). Communication is a process of interaction between fellow living beings both by using symbols, signals and in behavior and action. Communication itself describes a very basic thing in every human life, be it humans individually or as social beings. In this research there is uniqueness because, based on research conducted both offline and online, it produces big questions related to the digital marketing campaign that Niion is doing and produces so much in the form of branding and the products they produce. The object of this research is Niion's social media with the username @niion.id on Instagram social media and the subjects of this research are the founder, owner, buyers and followers on the @niion.id Instagram account. The method in this study uses a qualitative method with a case study approach which has the intention of observing experiences in detail with specific and in-depth methods. The theories used in this study use digital marketing communication according to Morissan and digital campaigns according to Jungherr. Triagulation in this study uses triagulation of sources and triagulation with methods.

Abstrak. Penelitain ini memiliki kegunaan untuk memahami strategi marketing sosial media kampanye pada PT Niion Indonesia Utama (Niion.id). Komunikasi merupakan suatu proses interaksi antara sesama makhluk hidup baik dengan menggunakan simbol-simbol, sinyal-sinyal maupun dalam bersikap dan bertindak. Komunikasi sendiri menggambarkan tentang hal yang sangat mendasar dalam setiap kehidupan selaku manusia, baik itu manusia secara individu ataupun selaku makhluk sosial. Dalam penelitian ini terdapat keunikan karena, berdasarkan riset yang dilakukan baik itu offline ataupun online menghasilkan pertanyaan besar terkait dengan pemasaran digital kampanye yang Niion lakukan dan menghasil kan begitu besar dalam bentuk branding maupun produk yang mereka produksi. Objek pada penelitian ini adalah media sosial Niion dengan username @niion.id pada media sosial Instagram dan subjek pada penelitian ini adalah selaku founder, owner, pembeli dan followers pada akun Instagram @niion.id. Kampanye mereka yaitu Friends and Family yang peneliti teliti memiliki keunikan baik itu dari segi mereka mempromosikan campaign dan melaksanakan campaignya. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini memiliki maksud untuk mengamati pengalaman secara rinci dengan metode yang spesifik dan mendalam. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan komunikasi pemasaran digital menurut Morissan dan kampanye digital menurut Jungherr. Triagulasi pada penelitian ini menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi dengan metode.

References

Alexander Sindoro. 2000. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Angipora, Marius P. 1999. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada.

Eriyanto. 2009. Analisis Framing. Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.

Fitrah, Muh, dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Hennink, Monique, et.al. 2011. Qualitative Research Methods. London: SAGE Publications Ltd. Komariah, Aan dan Santori, Satori. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Schramm, W. (1971). The process and effects of mass communication. Urbana: University of Illinois Press

Ilyas, E. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3747

Iskandar, A., Ryanto, M., & Patrianti, T. (2024). Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3302

Tanditha, T. K., Sani, A., & Hafiar, H. (2024). Destination Branding Desa Wisata Alamendah Melalui Media Sosial Instagram A R T I C L E I N F O. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3679

Published
2024-08-15