Pengaruh Kredibilitas Influencer di Sosial Media Instagram dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Lengkong Culinary Bandung

  • Yanuar Ibrahim Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Maman Chatamallah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kredibilitas, Influencer, Minat Beli

Abstract

Abstract. This research was created to determine the influence of the credibility of Instagram social media influencers on the purchasing interest of Lengkong Culinary Bandung consumers. The theory used in this research is the SOR (Stimulus-Organism-Response) Theory. This research involved 98 respondents who followed the Instagram account @lengkongculinary.bdg. Correlational quantitative methods are used to identify correlations between the variables studied. The sampling technique used was purposive sampling, where followers of the @lengkongculinary.bdg account were chosen as the research sample because of their relevance to the research subject and the criteria set. Data will be collected through an online survey that focuses on followers' perceptions and behavior towards influencer credibility which determines the level of followers' buying interest. Path analysis will be used to identify and understand the cause and effect between the independent variable (influencer credibility) and the dependent variable (consumer purchase interest), as well as the role of mediating variables that may be involved. The results of this research are: (1) There is a positive relationship between the Influencer Attractiveness aspect and Consumer Purchase Interest. (2) There is a positive relationship between the aspect of Trust in Influencers and Consumer Purchase Interest. (3) There is a positive relationship between the Influencer Expertise aspect and Consumer Purchase Interest.

Abstrak. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui Pengaruh Kredibilitas Influencer media sosial Instagram terhadap Minat beli konsumen Lengkong Culinary Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori SOR (Stimulus-Organisme-Respon). Penelitian ini melibatkan sebanyak 98 responden yang mengikuti akun Instagram @lengkongculinary.bdg. Metode kuantitatif korelasional digunakan untuk mengidentifikasi korelasi antara variabel yang diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, di mana followers akun @lengkongculinary.bdg dipilih sebagai sampel penelitian karena relevansinya dengan subjek penelitian dan kriteria yang ditetapkan. Data akan dikumpulkan melalui survei daring yang berfokus pada persepsi dan perilaku followers terhadap kredibilitas influencer yang menentukan tingkat minat beli followers. Analisis jalur akan digunakan untuk mengidentifikasi dan memahami sebab-akibat antara variabel independent (kredibilitas influencer) dengan variabel dependent (minat beli konsumen), serta peran variabel mediasi yang mungkin terlibat. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positif antara aspek Daya Tarik Influencer dengan Minat Beli Konsumen. (2) Terdapat hubungan positif antara aspek Kepercayaan pada Influencer dengan Minat Beli Konsumen. (3) Terdapat hubungan positif antara aspek Keahlian Influencer dengan Minat Beli Konsumen.

References

Alhensa Ferninda Kencana Jelita, Hasnah Rimiyati. (2021). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER PADA EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Pengikut Instagram Ayudia Bing Slamet). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis Vol. 11, No. 1, Maret 2021, pp. 22-41, 22-41.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Ekonomi. PT. Citra Aditya Bakti.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

GoodStats. (2022). Indonesia Jadi Negara dengan Pengikut Influencer Medsos Terbanyak. Nabilah Nur Alifah.

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

John E. Kennedy dan Dermawan Soemanegara R. (2009). Marketing Communication : Taktik & Strategi Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Mandibergh. (2012). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Martono, N. (2016). Metode penelitian sosial : konsep- konsep kunci. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nuke Farida, Endah Purwitasari, Imam Taufik, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, AKMRTV Jakarta. (2021). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI SUBSCRIBERS PADA CHANNEL YOUTUBE OTOMOTIF RIDWAN HANIF. ISSN 2776-2556.

Panggabean, A. D. (2024, Mei 29). Data Statistik Pengguna Media Sosial Indonesia Tahun 2024. Andreas Daniel Panggabean: databoks.katadata.co.id. Retrieved from databoks.katadata.co.id.

Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Purnama, B. E. (2023). 87% Konsumen di Indonesia Tertarik oleh Rekomendasi Influencer dan Selebritas. Media Indonesia.

Rakhmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Jakarta Salemba Empat.

Shimp, T. A. (2007). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu) Jilid I Edisi Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Catatan ke 3. Bandung: PT. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Umar, H. (2005). Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis. Jakarta: Grafindo Persada.

Wilopo, Y. P. (2021). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DOUBLETREE BY HILTON SURABAYA. Universitas Kristen Petra

Darajat, N. Z., & Yulianti, N. (2024). Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Pendidikan. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 65–70. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3898

Mardianti, S. P., & Suherman, M. (2024). Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3826

Tanditha, T. K., Sani, A., & Hafiar, H. (2024). Destination Branding Desa Wisata Alamendah Melalui Media Sosial Instagram A R T I C L E I N F O. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3679

Published
2024-08-14