Personal Branding Danise Julia Franchise Ratag melalui Akun Instagram @Danisefrnc

  • Anggieta Salsabilla Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Yuliant Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Instagram, Personal Branding, Influencer

Abstract

Abstract. The rapid development of internet technology and the popularity of social media, especially Instagram, have created a vast market for personal branding. This phenomenon has led to intense competition among influencers, where individuals strive to build unique and appealing personal brands to attract and maintain loyal followers on social media platforms, particularly Instagram. This research aims to measure the authenticity, integrity, consistency, specialization, relevance, visibility, persistence, and goodwill of Danise Julia Francise Ratag's personal branding. A descriptive quantitative method was employed, distributing an online questionnaire to her followers, with a total of 100 respondents. The sampling technique used was purposive sampling. Data analysis utilized SPSS to measure these variables and provide insights for individuals interested in building personal brands through Instagram. The findings indicate that Danise has successfully built an authentic personal brand aligned with her identity on social media, maintaining integrity and consistency in conveying values relevant to the fashion industry. Her content is deemed relevant to current trends and has a strong positive impact on her followers. Danise effectively manages her visibility on Instagram through strategic use of hashtags and collaborations, while consistently creating high-quality content that supports intensive interaction with her followers. The implications of this research underscore the importance of optimizing personal branding strategies on Instagram.

Abstrak. Perkembangan pesat teknologi internet dan popularitas media sosial, terutama instagram menciptakan pangsa pasar besar bagi personal branding. Fenomena yang terjadi di lapangan adalah adanya kompetisi yang ketat di kalangan selebgram, di mana setiap individu berusaha membangun personal branding yang unik dan menarik untuk menarik perhatian dan membangun pengikut yang loyal di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keotentikan, integritas, konsistensi, spesialisasi, relevansi, visibilitas, persistensi, dan goodwill dari personal branding Danise Julia Francise Ratag. Metode kuantitatif deskriptif digunakan dengan menyebarkan kuesioner online kepada pengikutnya. Total responden pada penelitian ini adalah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Teknik analisis data menggunakan program SPSS untuk mengukur variabel dan memberikan wawasan bagi individu yang tertarik membangun personal branding melalui instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Danise berhasil membangun personal branding yang autentik dan sesuai dengan identitasnya, serta mempertahankan integritas dan konsistensi dalam menyampaikan nilai-nilai yang relevan dengan bidang fashion. Kontennya dinilai relevan dengan tren terkini dan memiliki dampak positif yang kuat terhadap pengikutnya. Danise juga efektif dalam mengelola visibilitasnya di Instagram melalui penggunaan hashtag dan kolaborasi strategis, serta konsisten dalam menciptakan konten berkualitas yang mendukung interaksi intensif dengan pengikutnya. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengoptimalkan strategi personal branding di platform Instagram.

References

Kusnandar viva budy. 10 negara pengguna internet di asia. kata data. 2022.

Putri DW, Hamdan SR, Yulianti Y. Perilaku Bermedia Digital Dalam Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Dikalangan Dosen Unisba. Mediat J Komun. 2017;10(1):11–24.

Sholikhah AM, Arindawati WA, Fitriana Poerana A. Personal Branding Danilla Riyadi Melalui Akun Instagram @Danillariyadi. Nusant J Ilmu Pengetah Sos [Internet]. 2022;9(8):2956–67. Tersedia pada: http://jurnal.um-

tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index

Machyudin, Agung Harahap Susri A. Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. J Prof FIS UNIVED [Internet]. 2020;7(2):13–23. Tersedia pada: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1273

Angelika V, Setyanto Y. Media Sosial Dalam Pembentukan Personal Branding (Studi Pada Instagram Alberta Claudia). Prologia [Internet]. 2019;3(1):274. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/338034062_Media_Sosial_Dalam_Pembentuk an_Personal_Branding_Studi_Pada_Instagram_Alberta_Claudia/link/5dfaf2eba6fdcc283 72bea5b/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9u IiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19

Walker J. Pengaruh Brand Image dan Personal Branding "Felicya Angelista terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kota Medan. J Manaj dan Bisnis. 2022;22(1).

Sitinah, Sofiawati S, Fernando J, Hidayati RK. Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Membentuk Personal Branding Generasi Milenial. Komunika J Ilmu Komun. 2022;09(01):1–14.

Hutabarat PM. Podcast Dan Personal Branding : Potensi Podcast Sebagai Media Untuk Membangun Personal Brand. J Sos Hum Terap. 2021;4(1).

Rampersad HK. Authentic Personal Branding (Kindle Edition) [Internet]. Information Age Publishing; 2009. Tersedia pada: www.infoagepub.com

Darajat, N. Z., & Yulianti, N. (2024). Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Pendidikan. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 65–70. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3898

Ilyas, E. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3747

Mardianti, S. P., & Suherman, M. (2024). Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3826

Published
2024-08-14